Waspadalah, Ini Varian-Varian Baru Virus Corona

Internasional
Sebarkan Artikel Ini:

Eposdigi.com – Seperti biasa terjadi pada mahkluk hidup lain, virus corona pun mengalami mutasi. Hal ini bisa terjadi karena mutasi adalah sifat alamiah mahkluk hidup. Saat ini sudah banyak muncul varian baru Corona. Tentu ini semakin menghawatirkan.

Berikat ini varian-varian hasil mutasi virus corona

Virus Corona Varian D614G.

Seperti ditulis kompas.com (30/08/2020), Virus Corona Varian D614G sudah terdeteksi di Eropa sejak Bulan Februari tahun lalu. Diyakini bahwa varian ini lebih mudah menyebar. Bahkan varian ini sudah terdeteksi di Indonesia sejak Maret tahun lalu.

Ayo Baca Juga: Jika Punya Kondisi Ini, Anda tidak Mungkin Divaksin Corona

Disebutkan bahwa walaupun tidak menyebabkan kematian, namun virus corona varian D614G memiliki kemampuan menyebar 10 kali lebih cepat dibandingkan dengan SARS-CoV-2 maupun virus corona  varian lainnya.

Virus Corona Varian Cluster 5.

Virus Corona Varian ini terdeteksi pertama di Denmark. Seperti diberitakan oleh detik.com (04.01/2021) varian corona yang terdeteksi pertama pada Agustus 2020 ini berpotensi menurunkan tingkat dan durasi perlindungan kekebalan setelah infeksi atau vaksinasi alamiah.

Otoritas Denmark sejauh ini hanya mengidentifikasi beberapa kasus terkait virus corona varian Cluster 5. Karenanya mereka meyakini bahwa varian ini penyebarannya tidak seluas hasil mutasi virus corona lainnya.

Virus Corona Varian Cluster 5 di kenal juga sebagai virus corona varian Denmark.

Virus Corona Varian VOC 202012/01.

Varian baru ini pertama kali dilaporkan oleh otoritas kesehatan Inggris pada 14 Desember 2020. Varian Corona yang adalah hasil mutasi N501Y ini, terdeteksi pertama pada September 2020 di Kent, bagian tenggara Inggris.

Ayo Baca Juga: Corona di Tanah Air Bisa Bertahan Hingga Tahun Depan

Walaupun belum ada bukti akibat varian baru virus Corona VOC 202012/01 terhadap tingkat keparahan penyakit namun disinyalir VOC 202012/01 memiliki tingkat penyebaran 70 % lebih menular dibandingkan virus corona lama SARS-CoV-2.

Virus Corona Varian VOC 202012/01 yang dikenal juga dengan nama lain yaitu Varian B.1.1.7 ini, memiliki 23 jenis mutasi (tirto.id/13.01.2021). Hingga saat ini varian VOC 202012/01 telah terdeteksi di lebih dari 30 negara di dunia. Di antaranya di Amerika Serikat, Prancis dan juga di India.

Selain dinamai sebagai Varian B.1.1.7, varian ini juga dikenal sebagai virus coron varian Inggris

Virus Corona Varian 501Y.V2

Varian 501Y.V2 adalah hasil mutasi N501Y ini, pertama kali ditemukan di Afrika Selatan. Setelah pengumuman varian VOC 202012/01 di Inggris, otoritas kesehatan Afrika Selatan pada tanggal 18 Desember 2020, mengumumkan varian baru virus corona ini.

Ayo Baca Juga: Krisis Pangan Mengintai di balik Punggung Corona

Virus Corona Varian 501Y.V2 yang juga dikenal sebagai Varian Afrika Selatan ini, merupakan varian virus corona yang dominan di Afrika Selatan.

Virus Corona Varian P.1.

Varian baru virus corona ini, pertama kali terdeteksi di Jepang pada pelaku perjalanan yang baru pulang dari Manaus, Amazona di Brasil. Seperti diwartakan kompas.com (23/01/2021), Virus Corona Varian P1 memiliki mutasi N501Y dan E484K.

Virus corona varian P.1 terdeteksi lewat hasil positif PCR di Manaus dari hasil sampel yang diambil antara 15-23 Desember 2020, adalah varian baru. Sebelumnya dari sampel yang diambil sejak Maret hingga November 2020, varian ini tidak ditemukan.

Kecepatan penyebaran varian baru corona P.1 jelas menghawatirkan. Walaupun baru terdeteksi pada Desember lalu, kini varian ini telah menyebabkan serangan gelombang kedua di Amazona, yang mengakibatkan seluruh rumah sakit penuh.

Di Amerika Serikat, seperti diberitakan cnnindonesia.com (26/01/2021), virus corona varian P.1 ini telah terdeteksi di Minnesota, pada seorang pelaku perjalanan dari Brasil.

Virus Corona Varian P.1 dikenal juga sebagai Virus Corona Varian Brasil.

Ayo Baca Juga: Ayo Beli Jualan Teman!

Di Indonesia, corona semakin menghawatirkan. Penelitian telah membuktikan bahwa tingkat kesadaran masyarakat mentaati protocol kesehatan semakin memudar. Ini bisa berakibat sangat fatal bagi penyebaran corona di tanah air.

Vaksinasi yang telah dan sedang gencar dilakukan tidak akan membantu banyak jika kesadaran masyarakat untuk saling melindungi satu terhadap yang lain masih lemah.

Sebab salah satu kesalahan kecil saja bisa membuat penyebaran COVID-19 semakin meluas. Ditengah semakin meningkatnya jumlah kasus positif COVID-19, yang diikuti oleh meningkatnya jumlah korban meninggal, kita bisa memilih untuk menjadi bagian dari perang besar melawan corona.

Hanya dengan senjata sederhana. 5M. Memakai Masker. Menjaga Jarak. Mencuci Tangan. Menghindari Kerumunan dan Membatasi Mobilisasi dan Interaksi.

Ilustrasi mutasi Corona (shutterstock/peterschreiber.media) dari kompas.com

Sebarkan Artikel Ini:

2
Leave a Reply

avatar
2 Discussion threads
0 Thread replies
0 Pengikut
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
0 Comment authors
Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
trackback

[…] Baca Juga: Waspadalah, Ini Varian-Varian Baru Virus Corona […]

trackback

[…] Baca juga: Waspadalah, Ini Varian-Varian Baru Virus Corona […]