Ditemukan Jenis Narkoba Baru, Tantangan Baru dalam Pendampingan Remaja

Nasional
Sebarkan Artikel Ini:

Eposdigi.com – Senin 25 Januari lalu, polisi merilis hasil penangkapan terhadap 4 pengguna narkotika asal Jakarta, di sebuah villa di Seminyak, Bali.

Dari tangan mereka, polisi menyita 4 butir tablet utuh dan pecahan tablet sebesar 1,90 gram barang bukti narkoba. Narkoba ini merupakan narkoba jenis baru, yang pertama kali ditemukan di wilayah hukum Indonesia.

Narkoba tersebut diakui oleh SA salah satu dari keempat tersangka tersebut mengakui memiliki narkoba tersebut. Ia mengaku telah 3 bulan menggunakan barang haram tersebut. Ia mengaku mengkonsumsinya untuk bersenang-senang.

Nama ilmiah dari barang haram tersebut adalah P-Flouro Fori. Berdasarkan Undang-Undang nomor 35 tahun 2009 P-Flouro Fori merupakan daftar narkotika golongan 1.

Baca Juga: Waspada Penggunaan Tembakau Gorila di Kalangan Remaja

Jenis Narkotika ini adalah synthetic cannabinoid. Rantai ilmiahnya adalah 4-Fluoro-N-(1-Fenetil-4-Piperidile). Beredar dalam bentuk kaplet dan butiran bulat.

Jika dikonsumsi, narkotika ini menimbulkan efek halusinogen dan efek cannabinoid toxic. Menurut Kapolres Kota Denpasar, Kombes Jansen A. Panjaitan, efek dari narkoba jenis ini sangat dahsyat dan membahayakan. Penyalagunaannya dapat beresiko menyebabkan gangguan psikiatri dan fisik.

Harga sebutir dari narkoba jenis  ini adalah Rp 650 ribu. SA membeli obat ini di Bali dari seorang yang biasa dipanggil “Lli”

Dalam kasus ini SA bersama 3 rekannya dijerat Pasal 127 Ayat 1 huruf A UU Narkotika dengan ancaman minimal 4 tahun penjara dan maksimal 12 tahun penjara.

Baca Juga: PBB Legalkan Ganja untuk Kesehatan, Indonesia Kapan?

SA ternyata seorang selebgram dan youtuber yang saat ini telah memiliki 662 ribu subscribers. Kapolresta Denpasar menyayangkan anak muda seperti SA yang dikenal public kalangan muda, menjadi pengguna narkoba.

“Harusnya dia menjadi duta narkoba, tapi dia malah memberikan contoh yang tidak baik. Dengan pengikut yang banyak harusnya dia menjadikan narkoba musuh bersama, tapi malah menggunakan narkoba”, ujar Kapolresta Denpasar, seperti dikutip Detiknews.

Temuan jenis narkotika baru ini, memberi sinyal bahwa tantangan mendidik anak dan mendidik anak muda, semakin bertambah. Oleh karena itu, semua pihak perlu bekerja lebih serius agar anak dan remaja tidak gampang terpapar narkoba.

Tulisan ini sebelumnya tayang di depoedu.com, kami tayangkan kembali dengan izin dari penulis. / Foto : news.detik.com

Sebarkan Artikel Ini:

1
Leave a Reply

avatar
1 Discussion threads
0 Thread replies
0 Pengikut
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
0 Comment authors
Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
trackback

[…] Baca juga: Ditemukan Jenis Narkoba Baru, Tantangan Baru Dalam Pendampingan Remaja […]