Pentingnya Vaksinasi bagi Anak Saat Pandemi

Nasional
Sebarkan Artikel Ini:

Eposdigi.com – Vaksin menjadi hal yang diprioritaskan pengembangannya saat terjadi wabah terutama yang disebabkan oleh virus baru seperti corona.  Dirangkum dari laman resmi Covid19.go.id, vaksin adalah zat yang sengaja dibuat untuk merangsang pembentukan kekebalan tubuh dari penyakit tertentu, sehingga bisa mencegah terjangkit dari penyakit tertentu tersebut.

Vaksinasi adalah kegiatan pemberian vaksin kepada seseorang di mana vaksin tersebut berisi satu atau lebih antigen.  Saat vaksin dimasukkan ke dalam tubuh, sistem kekebalan tubuh akan melihatnya sebagai antigen atau musuh.

Dengan begitu, sebagai respon adanya ancaman dari musuh maka tubuh akan memproduksi antibodi untuk melawan antigen tersebut.

Baca Juga: Vaksin Guru, Sekolah Tatap Muka VS Pasien Corona Anak-Anak

Para ahli mengatakan, memvaksinasi anak-anak dan remaja adalah bagian integral dari melindungi komunitas yang lebih luas dari Covid-19, dan meskipun penyakit serius di kalangan anak-anak jarang terjadi, mereka juga membutuhkan perlindungan.

Sebuah studi CDC, merinci data terbaru yang mengkhawatirkan terkait rawat inap Covid-19 di kalangan remaja, dan mendesak penggunaan langkah-langkah pencegahan yang berkelanjutan.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, vaksinasi Covid-19 bagi anak-anak akan dilaksanakan di dinas-dinas pendidikan dan sekolah-sekolah. Budi menyebut, keputusan itu diambil agar vaksinasi bagi anak tidak bercampur dengan kegiatan vaksinasi bagi orang-orang yang memiliki risiko lebih tinggi.

“Vaksinasi ini akan dilakukan di dinas-dinas pendidikan, sekolah, agar tidak bentrok dengan program vaksinasi untuk orang-orang yang jauh lebih berisiko yaitu 18 tahun ke atas,” kata Budi dalam rapat dengan Komisi IX DPR, Senin (5/7/2021).

Baca Juga: Ingat, Vaksin Tak Cukup Mencegah Corona

Dikutip dari materi paparan Budi, screening, penyuntikan, dan observasi pada vaksinasi bagi anak akan sama seperti vaksinasi bagi orang berusia 18 tahun ke atas. Syarat dan Cara Daftar Vaksinasi Covid-19 untuk Anak 12-17 Tahun.

Untuk mengikuti vaksinasi anak, masyarakat perlu membawa kartu keluarga atau dokumen lain yang mencantumkan Nomor Induk Kewarganegaraan (NIK) anak. Adapun, vaksin yang diberikan adalah vaksin Sinovac dengan dosis 0,5 ml sebanyak dua kali pemberian dengan interval minimal 28 hari.

Pemberian vaksin pada anak-anak dapat menimbulkan rasa tidak nyaman, seperti timbulnya rasa nyeri atau ruam pada kulit di area suntikan.   Lebih jauh  anak yang mendapatkan vaksin COVID-19 juga dapat melindungi orang-orang di sekitarnya, terutama kelompok yang sangat berisiko, seperti lansia.

Hal ini karena kemungkinan anak yang sudah divaksin untuk menularkan virus Corona sangatlah kecil. Bila diberikan secara massal kepada anak , vaksin COVID-19 juga mampu mendorong terbentuknya kekebalan kelompok (herd immunity) dalam masyarakat.

Artinya, orang yang tidak bisa mendapatkan vaksin, misalnya bayi baru lahir, lansia, atau penderita penyakit autoimun, bisa mendapatkan perlindungan dari orang-orang di sekitarnya.

Baca Juga: Vaksin Ternyata Tidak 100  Persen Aman

Kendati demikian, untuk mencapai herd immunity dalam suatu masyarakatpenelitian menyebutkan bahwa minimal 70% penduduk dalam negara tersebut harus sudah divaksin.

Hal  yang perlu ditekankan adalah manfaat vaksin jauh lebih besar daripada efek samping yang mungkin terjadi. Meski demikian, vaksinasi tidak selalu dapat mencegah penyakit, namun dapat meringankan tingkat keparahan suatu penyakit.

Dari fakta-fakta di atas, bisa kita lihat bahwa vaksin COVID-19 membawa banyak manfaat bagi anak , tidak hanya untuk diri sendiri tetapi juga bagi banyak orang.

Oleh sebab itu, meskipun banyak beredar isu-isu seputar vaksin yang belum jelas kebenarannya, anak  tidak perlu ragu atau takut untuk menjalani vaksinasi COVID-19.

Walaupun sudah menjalani Vaksin anak harus  tetap menjalani protokol kesehatan dan sebisa mungkin menghindari bepergian ke luar rumah atau berkumpul dengan orang banyak.

Foto: surabaya.bisnis.com

Sebarkan Artikel Ini:

1
Leave a Reply

avatar
1 Discussion threads
0 Thread replies
0 Pengikut
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
0 Comment authors
Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
trackback

[…] Baca juga: Pentingnya Vaksinasi Bagi Anak Saat Pandemi […]