Bukan Jadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Ini Tugas Utama Nadiem Makarim

Tokoh
Sebarkan Artikel Ini:

Eposdigi.com – Dalam sebuah kesempatan, Nadiem Anwar Makarim mengritik figur ayah yang hanya mencari uang dan lupa mendidik anak-anak mereka. Banyak ayah bahkan membebankan tugas mendidik anaknya kepada sang ibu.

Cara pandang ini harus segera diubah oleh para ayah. Tugas mendidik harusnya menjadi tanggung jawab bersama antara ayah dan ibu.

“Apakah anda sebagai seorang ayah menyerahkan tugas mendidik anak itu hanya kepada istri, dan tugas ayah hanya mencari nafkah? Kalau paradigma seperti ini ada pada anda, mohon segera diperbaiki,” tegas Nadiem seperti dikutip Merdeka.com belum lama ini.

Ayo Baca : Barrack Obama, Politisi Sukses Yang Sayang Keluarga

Sebagai pejabat dan ayah dari dua anak, Nadiem berusaha mempraktekkan paradigma ini di tengah padatnya jadwal kerjanya. Baginya, membagi waktu untuk melakukan tugas dengan baik sebagai pejabat bukanlah hal yang mudah.

Namun demikian, ia pun tetap bertekad untuk melakukan kewajibannya mendidik dengan baik sebagai ayah bagi kedua putrinya.

Selama mengelola perusahaan dan selama satu tahun menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, paling tidak ada dua hal yang ia upayakan yakni makan bersama dan main bersama anak.

Makan bersama

Belum lama ini, Nadiem Makarim menulis di akun Instagram pribadi, pendapatnya tentang makan bersama keluarga, seperti dikutip oleh CNBC Indonesia. Menurutnya, makan bersama adalah ritual yang penting bagi keluarga.

Nadiem pun mengungkapkan bahwa dirinya bersama sang istri, Franka Franklin Makarim, menerapkan aturan khusus saat makan bersama-sama dengan kedua anak mereka yang masih balita. Aturan tersebut adalah tidak boleh memainkan gadget dan menyalakan televisi pada saat makan.

“Makan bersama adalah ritual yang penting di keluarga saya. Aturannya, tidak boleh ada HP maupun TV menyala saat makan,” tulis Nadiem Makarim.

Menurutnya, waktu makan bersama adalah waktu yang tepat untuk mendengarkan, berdiskusi, dengan anak dan istri.

Ayo Baca : Pelajaran Penting Dari Angelina Jolie; Orang Tua Hanya Perlu Jujur

“Makan bersama adalah saatnya berdiskusi, bertanya jawab dan menunjukkan pada anak-anak kita bahwa kita adalah satu tim yang kompak,” kata Nadiem Makarim.

Dalam unggahan tersebut Nadiem mengunggah foto makan bersama istri dan kedua anaknya. Nadiem tampak duduk berhadapan dengan Franka istrinya yang tampil cantik dengan mengenakan busana hitam bersama dengan kedua anak mereka.

Itulah salah satu rutinitas yang selalu diusahakan untuk diulang, setiap kali pasangan ini bisa bersama, di tengah-tengah kesibukan mereka.

Main bersama anak

Selain rutinitas makan bersama, sebagai seorang ayah, Nadiem Makarim juga memiliki rutinitas yang lain, yakni menjadwalkan untuk bermain bersama anak. Ini dilakukan untuk mendekatkan diri dengan keluarga.

Oleh karena itu, ia selalu mengusahakan untuk pulang kantor pukul setengah tujuh malam. Ia lantas menghabiskan waktu dengan kedua putrinya yang masih balita.

Mereka biasanya main hingga jam 8 malam dan dilanjutkan dengan rutinitas yang lain. Ia kemudian menidurkan kedua putrinya.

“Saya mencoba disiplin, setiap hari main sama anak. Anak kan tidur sekitar pukul 8 malam. Jadi balik dari kantor tuh jam enam tiga puluh, lalu main sama anak hingga pukul delapan, setelah itu menidurkan mereka,” tutur pendiri Gojek ini.

Ayo Baca : Menumbuhkan Minat Baca; Harus Mulai Dari Mana?

Menurut Nadiem, menidurkan anak adalah suatu kewajiban orang tua. Sebab menurutnya, kegiatan menidurkan anak bisa menciptakan rasa tenang dan aman pada anak. Selain itu, anak pun merasa dicintai oleh orang tua.

“Elemen ini menurut saya adalah psychological safety nomor satu untuk anak,” jelas Nadiem Makarim seperti dikutip oleh Tempo.co

Itulah Nadiem Anwar Makarim. Sebagai pejabat publik ia bertekad menjalankan tugasnya dengan baik. Namun ia pun tidak mau gagal menjalankan tugas domestiknya menjadi orang tua.

Hanya dengan cinta yang besar anda dapat memenangkan keduanya. Selamat berjuang Mas Menteri.

Artikel ini sebelumnya tayang di depoedu.com dengan judul “Ini Gaya Parenting Nadiem Anwar Makarim di Tengah Kesibukannya sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan” / Foto : tempo.co

Sebarkan Artikel Ini:

1
Leave a Reply

avatar
1 Discussion threads
0 Thread replies
0 Pengikut
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
0 Comment authors
Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
trackback

[…] Ayo Baca Juga: Bukan Jadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Ini Tugas Utama Nadiem Makarim […]