Pelajaran Penting Dari Angelina Jolie; Orang Tua Hanya Perlu Jujur

Tokoh
Sebarkan Artikel Ini:

Eposdigi.com – Pandemi Covid-19, seperti menjebak banyak orangtua untuk setiap hari berada bersama anak-anak mereka. Sebelumya, banyak orangtua pekerja yang pagi-pagi sudah pergi dari rumah dan baru pulang malam hari, bahkan ketika anak-anak sudah tidur.

Oleh karena itu, banyak urusan terkait pertumbuhan dan perkembangan anak diserahkan kepada orang lain. Urusan pendidikan anak, diserahkan kepada guru. Urusan kesehatan anak bahkan menjadi tanggung jawab asisten rumah tangga.

Dengan demikian, ada orang tua yang tidak mengetahui perkembangan anaknya, bahkan tidak mengenali “siapa” anaknya. Satu-satunya kewajiban yang dijalankan adalah menyediakan dana untuk membiayai pendidikan, kesehatan, dan kebutuhan anaknya tersebut.

Baca Juga: Peringatan Untuk Para Orang Tua, Remajamu Bukan Komoditi

Maka bagi orangtua, seperti terjebak berada bersama dengan anak-anak, dan mengasuh anak sendiri selama masa pandemi, merupakan pengalaman yang mengajari banyak hal.

Angelina Jolie misalnya mengatakan bahwa pandemi Covid-19 telah mengajarinya bahwa tidak mungkin orang tua “menjawab semua kebutuhan anak” sepanjang waktu. Tidak mungkin orangtua menyelesaikan semua masalah.

“Sekarang, di tengah pandemi, saya memikirkan semua Ibu dan Ayah yang kini mengasuh anak-anak mereka di rumah. Semua berharap mereka dapat melakukan segalanya dengan benar, menjawab semua kebutuhan dan tetap tenang dan positif. Suatu hal yang membantu saya adalah dengan mengetahui bahwa itu tidak mungkin”, kata Angelina Jolie, seperti dilansir oleh Sindonews.com.

Baca Juga : Orang Tua Penyebab Anak Kecanduan Gawai

Menurut bintang film box-office “Maleficent” yang memiliki 6 anak di antaranya anak dari penikahannya dengan mantan suaminya Brad Pitt ini, orang tua tidak perlu menjadi sempurna di hadapan anak mereka, selama mereka jujur pada diri sendiri, dan jujur pada anak.

Ini pengalaman berharga yang ia peroleh selama masa pandemi dalam interaksi dengan anak-anaknya. Anak-anaknya menerima kekurangannya karena ia jujur mengakui bahwa ia tidak dapat melakukan semuanya. Ia jujur mengakui bahwa Ia tidak sempurna.

“Sangat menyenangkan mengetahui bahwa anak-anak  tidak menuntut saya sempurna di hadapan mereka. Mereka hanya ingin saya jujur dan berusaha melakukan yang terbaik. Maka kemudian tersedia ruang untuk saya dan anak anak saling bersinergi”. tegas Angelina.

Baca Juga: Orang Yahudi Mendidik Anak Sejak dalam Kandungan

“Orang tua dan anak kemudian malah membangun tim, mereka membangkitkan Anda dan Anda tumbuh bersama-sama dengan mereka. Bahkan tumbuh rasa saling mencintai”, lanjutnya.

Awalnya ia berpikir bahwa ia harus dapat melakukan semuanya. Ia harus tampil sempurna di depan anak. Namun dengan kejujurannya, kesediaan tampil apa adanya di hadapan anak, bukan hanya membuat ia yang tumbuh sebagai orang tua. Anak-anaknya pun tumbuh. Bahkan bersama-sama mereka tumbuh sebagai keluarga.

Ini pelajaran penting dari Angelina Jolie bagi semua orang tua. Anda tidak perlu tampil sempurna. Anda tidak perlu menyelesaikan semuanya. Karena pada dasarnya kita memang tidak sempurna. Anda hanya perlu jujur pada anak-anak Anda.

Tulisan ini sebelumnya tayang di depoedu.com, kami tayangkan kembali dengan izin dari penulis. / Foto : antaranews.com

Sebarkan Artikel Ini:

2
Leave a Reply

avatar
2 Discussion threads
0 Thread replies
0 Pengikut
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
0 Comment authors
Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
trackback

[…] Ayo Baca : Pelajaran Penting Dari Angelina Jolie; Orang Tua Hanya Perlu Jujur […]

trackback

[…] Ayo Baca Juga: Pelajaran Penting Dari Angelina Jolie; Orang Tua Hanya Perlu Jujur […]