Ini Lima Prinsip Bill Gates dan Melinda Gates dalam Mendidik Anak

Tokoh
Sebarkan Artikel Ini:

Eposdigi.com – Banyak orang kaya mengalami kesulitan dalam mendidik anak lantaran tidak mempunyai waktu yang memadai untuk mendampingi anak mereka. Sebagai gantinya, mereka memberi semua yang diminta oleh anak, baik itu dibutuhkan ataupun tidak dibutuhkan oleh anak.

Bagi Bill Gates tidaklah demikian. Bill Gates mempunyai prinsip-prinsip mendidik anak yang ia terapkan dengan konsekuen, sehingga anaknya dapat bertumbuh secara wajar sama seperti anak yang lain.

Bill Gates dan istrinya # tidak memberikan semua hal yang diminta anak. Hal yang diberi adalah hal yang dibutuhkan oleh anak, bukan hal yang diinginkan oleh anak.

Ayo Baca Juga: Elon Musk Mendirikan Sekolah bagi Anaknya agar Mereka Memiliki Daya Juang

Menurut pasangan ini, anak hanya bertumbuh secara sehat sebagai pribadi, jika kebutuhan mereka dipenuhi, bukan memenuhi semua keinginan mereka. Anak cenderung rusak ketika semua keinginannya dipenuhi.

Oleh karena itu, Bill Gates dan istri tidak memanjakan anak mereka dengan kemewahan, hal yang tentunya sangat mudah mereka lakukan sebagai orang kedua terkaya didunia.

Dalam mendidik anaknya Bill Gates menerapkan lima prinsip penting berikut ini:

Pertama, Anak tidak harus mendapatkan yang mereka inginkan.

Prisnip ini hanya dapat dilaksanakan jika orang tua; ayah dan ibu, sepakat dan tegas mengatakan tidak. Ini tidak hanya menghantar anak untuk tumbuh secara sehat. Melalui ketegasan, orang tua juga mengajari anak untuk bersyukur atas apa yang dimiliki.

Ayo Baca Juga: Orang Yahudi Mendidik Anak Sejak dalam Kandungan

Sebagai ayah, Bill Gates tetap pada pendirian untuk tidak memberikan gadget hingga ketiga anaknya menginjak usia 13 tahun. Menurut Bill dan Melinda Gates, gadget sebelum usia 13 tahun akan menghambat pertumbuhan anak mereka.

Bill Gates dalam banyak peristiwa menegaskan bahwa memberikan gadget pada anak, sebelum usia 13 tahun merusak anak. Membuat anak kecanduan dan mempersulit orang tua dalam mengawasi anak.

Kedua, anak harus berjuang secara mandiri untuk mendapatkan sesuatu.

Oleh karena itu, ketiga anak Bill Gates harus berjuang sebelum memiliki sesuatu yang mereka butuhkan. Mereka mengerjakan pekerjaan di rumah, seperti menyapu dan membersihkan perabot rumah. Dari pekerjaan ini mereka mendapatkan upah yang dikumpulkan untuk membeli apa yang mereka butuhkan.

Ayo Baca Juga: Kisah Inspiratif dari Mbah Pon, Penjual Gudeg yang menyekolahkan 5 anaknya Hingga Sarjana

Ini mengkondisi anaknya untuk rajin dan bertanggung jawab sebagai hal yang sangat penting dari dunia kerja orang dewasa. Mereka jadi mengenal pekerjaan. Bill Gates dan Melinda konsekuen menerapkan prinsip ini pada ketiga anak mereka.

Ketiga, berbagi dengan orang yang kurang mampu.

Bill Gates meyakini bahwa orang kaya harus berbagi dengan masyarakat yang kurang mampu. Jika tidak kesenjangan akan terus melebar antara orang yang kaya dan yang miskin.

Inilah yang membuat Bill Gates secara sangat aktif menyumbangkan kekayaannya untuk berbagai proyek penanganan kemiskinan di dunia ketiga, melalui Yayasan Bill & Melinda Gates Foundation yang ia dirikan bersama istrinya.

Bagi Bill Gates, kepedulian ini harus juga menjadi bagian dari karakter anak-anaknya. Oleh karena itu, ia bersama dengan istri sangat aktif melatih anak-anaknya dengan kegiatan komunitas dan relawan di masyarakat.

Menurut Bill Gates ini akan melatih dan membentuk identitas anak-anaknya. Ini juga melatih anak-anaknya untuk bersyukur atas sukses yang mereka nikmati.

Empat, dukung anak untuk mengejar mimpi

Sebagai orang tua ia bersyukur karena telah menemukan karir yang mendatangkan sukses baginya. Ia berharap anak-anaknya kelak akan menemukan karir yang cocok dan menikmati sukses dari karir tersebut.

Ayo Baca Juga: Bukan Jadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Ini Tugas Utama Nadiem Makarim

Maka sebagai orang tua ia memberi pada anak-anaknya kesempatan untuk menjelajahi dunia mereka, dukung mereka dan pastikan mereka berada pada jalur yang benar. Pastikan mereka tidak salah mengambil keputusan.

Lima, berikan contoh

Bagi Bill Gates, memberikan contoh adalah cara mendidik anak yang paling efektif. Ia mendorong anaknya membaca dengan cara ia membeli buku dan membaca buku sendiri. Ia termasuk pembaca yang tekun.

Ayo Baca Juga: Pelajaran Penting Dari Angelina Jolie; Orang Tua Hanya Perlu Jujur

Ia ingin anak-anaknya memiliiki jiwa sosial, maka ia aktif menyumbangkan melalui yayasannya pada berbagai proyek pembangunan masyarakat miskin di berbagai belahan dunia ketiga.

Itulah lima prinsip yang diterapkan Bill dan Melinda Gates dalam mendidik ketiga anak mereka. Kuncinya, Bill Gates dan istri mejadi orang tua yang kompak dan konsekuen melakukan apapun yang baik untuk pertumbuhan anak mereka. Mudah-mudahan menginspirasi.

Artikel ini sebelumnya tayang di Depoedu.com dengan judul “Lima Prinsip Sukses Mendidik Anak Ala Bill Gates dan Melinda Gates”/ Sumber foto: detik.com

Sebarkan Artikel Ini:

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of