Gelekat Lewopao Dengan Hati “APIK”

Sospol
Sebarkan Artikel Ini:

Eposdigi.com – Adalah Alexander Lemak Sira, calon kepala Desa Lewopao periode 2021 – 2027 nomor urut 1. Desa di Kecamatan Adonara Tengah ini menjadi salah satu desa yang ikut serta dalam pesta demokrasi Pemilu kades di Kabupaten Flores Timur.

Alexander Lemak Sira dilahirkan di Desa Lewopao 04 Juli 1987. Ia Menamatkan pendidikan sekolah dasarnya di SD Inpres Lewopao. Alumni SMP Phaladya Waiwerang ini, menamatkan pendidikan menengah atasnya di SMA KR Soleman di Makasar kemudian melanjutkan pendidikan tingginya ke Universitas PGRI Kupang.

Semasa kuliah Alexander aktif di berbagai organisasi. Di antaranya PMKRI Cabang Kupang, API Reinha Rosari dan juga Hipanara Kupang.

Baca Juga: Muhamad Kamil Jamil : ”Weranggere dari Baik menjadi Lebih Baik”

Partisipasinya dalam pesta demokrasi pemilihan kepala desa di Desa Leopao, Alexander Lemak Sira mengusung Visi “Bekerja Bersama Membangun Desa Lewopao Yang Maju, Mandiri, Adil, Sejahtera dan Berbudaya.”

Sementara misi Alexander Lemak Sira antara lain :

Pertama,  Meningkatkan Kinerja Pemerintah Desa Yang Jujur dan Berwibawa Serta Transparan. Kedua; Mengedepankan Musyawarah Mufakat dalam setiap pengambilan keputusan di desa.

Ketiga, Meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PAD) melalui BUMDes.  Empat: Mewujudkan Sarana dan Prasarana Ekonomi, Air Bersih, Kesehatan serta Pendidikan Formal maupun Nonformal.

Baca Juga: Empat Calon Siap Bertarung Di Pilkades Weranggere

Kelima, Meningkatkan Pelayanan Kesehatan Masyarakat Desa Melalui Gerakan Desa Sehat. Ke Enam; Mendorong Kegiatan Kepemudaan, Olahraga dan Kerohanian dan ketujuh; Meningkatkan Kesiapsiagaan terhadap pelbagai bencana serta situasi krisis lainnya.

Visi dan Misi Alexander Lemak Sira didukung oleh program-program kerja di berbagai bidang untuk membangun Desa Lewopao.

Pertama: Bidang Pemerintahan, dengan program kerja: penguatan kapasitas pemerintahan desa, membangun sinergisitas dengan BPD, mendorong transparansi keuangan desa serta peningkatan pelayanan publik.

Sasaran yang hendak dituju melalui program ini adalah pemerintahan desa yang bertanggungjawab, transparan dan amanah, sehingga kewibawaan dan kepercayaan kepada penyelenggara pemerintahan desa meningkat.

Baca Juga: Muh. Guntur Lebu Raya: Menjadi Kepala Desa adalah panggilan Gelekat

Kedua: Bidang Pembangunan. Program-program unggulan untuk bidang pembangunan ini antara lain: pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM), pembangunan sarana transportasi, membenahi tata ruang di desa, pengembangan sarana pendidikan non formal.

Kemudian pembangunan bidang olahraga melalui pengembangan fasilitas penunjang  dan pembinaan keolahragaan di desa. Sementara di bidang pertanian, Alex akan bekerjasama dengan instansi terkait.

Sasarannya atara lain masyarakat desa Lewopao yang melek iptek sekaligus tetap setia memegang adat istiadat warisan leluhur. Prestasi  di bidang olehraga  meningkat. Masyarakat memanfaarkan air secara efisien, serta meningkatnya produktifitas pertanian.

Selain itu terbangunnya jalan untuk usaha tani terbangun untuk memudahkan transportasi berbagi hasil pertanian masyarakat desa. Adanya penerangan jalan-jalan desa dan Desa Lewopao menjadi desa yang bersih dan indah.

Baca Juga: Mengenal Lebih Dekat Program Pemberdayaan Perempuan Kepala Keluarga (PEKKA)

Ketiga: Bidang Pembinaan Kemasyarakatan. Mengoptimalkan kinerja Linmas untuk menjaga ketertiban dan keamanan di desa serta revitalisasi peran pemuda desa dalam wadah Karang Taruna. Kemudian menata, meningkatkan serta melesatrikan budaya adat serta nilai-nilai luhur warisan leluhur.

Sasarannya adalah memberikan rasa aman dan rukun bagi masyarakat, kapasitas lembaga desa semakin berkualitas, kesejahteraan masyarakat membaik, kaum milenial yang mandiri dan berdaya saing, budaya warisan eluhur tetap terpelihara dan di jalankan.

Keempat; Bidang Pemberdayaan Masyarakat. Program unggulan untuk bidang ini adalah pembentukkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes)  untuk menjadi motor penggerak ekonomi di desa.

Selain itu mempromosikan perlindungan terhadap perempuan dan anak-anak lewat berbagai penyuluhan dan pendidikan.

Hendak dituju dalam bidang ini adalah: Terbentuknya BUMDes untuk pengelolaan potensi ekonomi di desa , kaum perempuan dan anak-anak terhindar dari intimidasi dan kekerasan.

Baca Juga: Bagaimana Gemohing terlibat dalam Mitigasi Bencana di Jepang?

Kelima: Bidang Penanggulangan Bencana, Darurat dan Mendesak. Diantaranya penanganan musibah bencana dengan tetap berkoordinasi dengan instansi terkait serta pendidikan kebencanaan dalam rangka mitigasi bancana.

Sasarannya adalah adanya kemampuan desa dalam penanganan musibah bencana dan krisis, serta masyarakat yang sadar untuk menjaga lingkungannya.

Bagi Alexander Lemak Sira, Desa Lewopao dapat Maju, Mandiri, Adil, Sejahtera dan Berbudaya melalui Gelekat dengan hati yang APIK : Amanah, Profesional, Integritas dan Kolaboratif.

Sebarkan Artikel Ini:

1
Leave a Reply

avatar
1 Discussion threads
0 Thread replies
0 Pengikut
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
1 Comment authors
Solor News Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Solor News
Guest