Yordan Kafomai, Lulusan Atmajaya Yogyakarta Maju Caleg Dapil V DPRD Ketapang Lewat Partai Hanura

Sospol
Sebarkan Artikel Ini:

Eposdigi.com – Yordan Kafomai, S.E., lulusan Atmajaya Yogyakarta maju menjadi Calon Anggota Legislatif (Caleg) dari dapil V nomor urut 02 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Ketapang Provinsi Kalimantan Barat Lewat Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura).

Yordan Kafomai lahir di Batu Payung, 06 Januari 40 tahun lalu. Istrinya, Veronica Tiffany Tirtayasa berasal dari kota paling Timur Indonesia yaitu Merauke – Papua.

Setelah menamatkan SD-nya di Sekolah Dasar Negeri 12 Sekakai, ayah tiga orang anak ini melanjutkan ke SMP Kristen Siloam – Marau. Setamat SMP, pemegang KTP Dusun Putaran, RT 005 RW 003, Desa Belaban, Kecamatan Marau ini melanjutkan SMA-nya di SMK Negeri 1 Ketapang.

Yordan Kamofai berhak memakai gelar Sarjana Ekonomi di belakang namanya pada tahun 2005, setelah menamatkan studi perguruan tingginya di Prodi Studi Ekonomi Pembangunan pada FAkultas Ekonomi Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Baca Juga:

BUMDes dan Gerakan Politik Gagasan

Karir politik anak dari almarhum Petrus Kamofai asal Alor NTT ini diasah mulai sejak masih di tingkat universitas.  Ia aktif di banyak kegiatan dan menjadi pengurus organisasi kampus. Yordan Kamofai adalah Sekretaris Badan Pengawas Mahasiswa (BPM) Fakultas Ekonomi Universitas Atma Jaya Yogyakarta masa kerja tahun 2003 – 2004.

Sebelumnya ia dipercaya mengemban tanggung jawab sebagai Koordinator Olahraga Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Kabupaten Ketapang masa kerja tahun 2002 – 2003.

Pengalamannya mengelolah organisasi di kampus membuatnya siap mengambil tanggung jawab yang lebih besar di tengah masyarakat, setamat kuliah.

Yordan pernah menjadi Koordinator Bidang Perekonomian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Forum Generasi Muda Dayak Kecamatan Marau masa kerja tahun 2007 – 2012.

Kini Yordan Kamofai adalah Koordinator Bidang Perekonomian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Dewan Adat Dayak Kecamatan Marau masa bakti 2021 -2026. Dan saat ini ia menjadi salah satu anggota  Dewan Pembina Perkumpulan Pemuda Flobamora Kec. Marau Thn 2021-2026.

Baca Juga:

Politik Identitas vs Politik Gagasan

Tidak hanya organisasi sosial, Yordan-pun aktif menjadi pengurus partai politik. Yordan adalah Ketua Pengurus Anak Cabang (PAC) PDI Perjuangan Kec. Marau Thn 2019-2023.

Setelah gagal pada pemilu tahun 2019 lalu lewat PDI Perjuangan, Yordan kini memutuskan untuk ganti kendaraan ke Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) untuk DPRD Kabupaten ketapang tahun 2024 nanti.

Selain berorganisasi, etos kerja Yordan telah teruji di banyak tempat kerja. Ini semakin menguatkannya untuk cakap bekerja maksimal saat terpilih nanti.

Setamat kuliah, ia bekerja 7 tahun lamanya dari tahun 2003 di PT SMART Tbk sebagai Sub Unit Head Administration. Kemudian ia pindah ke Mayora hingga tahun 2015.

Tahun 2016 – 2017 Yordan pernah menjadi guru honorer di SMK Negeri 1 Marau. Pada Pemilu tahun 2019 lalu yordan adalah Ketua Panwascam Kecamatan Marau. Ia kemudian balik lagi ke PT. MAyora Indah TBK tahun 2018 – 2019 dan ditunjuk sebagai Branch Operational Manager.

Tiga tahun terakhir ini, yaitu sejak tahun 2020, Yordan mengabdi di PT. Andiarta Muzizat sebagai IC Station.

Baca Juga:

Strategi Membumikan Kapasitas Ekonomi dan Politik Desa melalui BUMDes

Ayah dari Yordan Kafomai S.E, almarhum Petrus Kafomai yang berasal Kabupaten Alor Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), merupakan seorang guru angkatan pertama guru-guru dari NTT pada tahun 1977 di Kecamatan Marau Kabupaten Ketapang Provinsi Kalimantan Barat hingga pensiun dan tutup usia.

“Almarhum ayah saya seorang guru angkatan tahun 77 asal Alor –NTT. Semangat yang dimiliki almarhum ayah saya dalam mencerdaskan masyarakat Marau tidak pernah usang sampai beliau tutup usia, sudah terbukti dimana banyak orang yang didiknya menjadi orang orang sukses dan hebat,” kata Yordan.

“Oleh karena itu, saya ingin melanjutkan semangat itu dengan cara yang berbeda dan melalui jalur yang berbeda, semangat untuk memperjuangkan kepentingan-kepentingan masyarakat yang belum mendapatkan perhatian, sentuhan bahkan keadilan dalam pembangunan dan kesejahteraan masyarakat dari pemerintah melalui jalur politik menuju legislative,” lanjut Yordan saat di konfirmasi (19/05) di kediamannya.

Dari pendidikan dan pengalaman kerja serta organisasi yang dimiliki Yordan Kafomai S.E., yakin dapat membawa perubahan yang lebih baik bagi masyarakat di Dapil V Kabupaten Ketapang, Jika dirinya menang dan terpilih nantinya.

Baca Juga:

Apakah 42 Parpol Ini Akan Jadi Peserta Pemilu 2024 Mendatang?

Yordan berharap agar pembangunan infrastruktur jalan dan fasilitas umum lainnya serta penyaluran bantuan kepada kelompok-kelompok tani, kelompok perkebunan secara langsung dan berkelanjutan yang tepat sasaran, serta pengembangan organisasi pemuda dan organisasi lainya  lewat dana Aspirasi DPRD.

Untuk mengetahui kebutuhan masyarakat melalui Reses dimana bertatap muka langsung antara masyarakat dan anggota DPRD yang selama ini, jarang dapat direalisasikan oleh anggota DPRD saat ini. Sekarang saatnya hati nurani berbicara.

“Kita akan bekerja keras untuk menang, dan jika menang kita juga akan bekerja keras untuk mewujudkan impian dan harapan masyarakat khususnya Dapil V Kabupaten Ketapang sesuai dengan amanah dan cita -cita Partai Hanura,” tutup Yordan

Sebarkan Artikel Ini:

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of