Banyak Jalan Menuju Dunia Kuliah

Sospol
Sebarkan Artikel Ini:

Eposdigi.com – Seperti yang kita ketahui, sukses adalah gabungan dari kecerdasan dan pengalaman. Sukses ditentukan oleh keduanya. Kecerdasan saja atau pengalaman saja tidak cukup. Karena itu sekolah merupakan salah satu jalan untuk menjadi cerdas sekaligus menimba banyak pengalaman.

Jaman sekarang banyak sekali pelajar yang ingin sekali melanjutkan pendidikanya ke jenjang tingkatan yang lebih tinggi yaitu kuliah. Banyak juga pelajar berinisitif untuk langsung bekerja. Hal ini tentu disebabkan oleh banyak alasan yang melatarinya

Banyak fakta yang sering kita lihat ketika seorang pelajar yang memutuskan untuk tidak melanjutkan  pendidikanya karna merasa kurang mampu. Entah karena merasa tidak mampu secara akademik atau lainnya.

Baca Juga: Mengapa Harus Kuliah?

Banyak juga yang memiliki kemampuan akademik yang sangat memadai namun ekonomi keluarga yang tidak mendukung, kurang adanya kesadaran untk melanjutkan pendidikan, juga kurangnya perhatian dari orang tua.

Bagi mereka yang ingin melanjutkan pendidikan setamat SMU, persoalan lain yang tidak kalah pelik adalah bagaimana menentukan jurusan atau spesifikasi keahlian yang sesuai dengan minat dan bakatnya.

Banyak yang ingin melanjutkan pendidikan, memiliki kemampuan akademik dan finansial,  namun tidak harus melanjutkan ke mana. Tidak sedikit yang akhirnya kuliah hanya sekedar status saja.

Ada sebagian besar yang melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi, mengambil jurusan tertentu karena tuntutan orang tua. Bisa jadi, tuntutan orang tua ini jauh dari minat dan bakatnya.

Baca Juga: Mahasiswa, apa Prioritasmu?

Akibatnya banyak yang kemudian gagal. Entah karena alasan akademik, atau karena alasan ekonomi. Pertanyaannya, bagaimana mengatasi hal-hal tersebut?

Seperti yang kita ketahui, setiap orang memiliki kemampuan akademis yang berbeda-beda.  Sesuai dengan pertanyaa di atas, apa pun kemampuan yang kemu miliki saat ini, pertahankanlah minatmu untuk mau belajar.

Kalau tidak memiliki minat yang tidak baik serta hasrat yang hilang, tentu akan sulit mengerti. Menjadi tidak acuh saat mempelajarinya.

Nah, sebagai orang tua, tentu harus memperhatikan dan mendukung minat dan kemauan dari anaknya. Bicara tentang mahalnya pendidikan, jaman sekarang perhatian negara kepada para pelajar begitu tinggi.

Bila anda di posisi orang yang memiliki potensi akademik yang baik namun tidak memiliki kemampuan finansial yang mendukung, jelas bahwa kesempatan pengelolaan diri Anda menjadi setikit terhambat.

Untuk mengatasi atau mendukung supaya tidak berhenti meneruskan pendidikan di bangku kuliah, maka Anda harus keluar dari masalah finansial yang berkaitan dengan kebutuhan pendidikan Anda seperti :

Baca Juga: Anda Membutuhkan Beasiswa Namun Tidak Tahu di Mana Mencarinya?

Memanfaatkan Bantuan Negara : Sekarang, negara kita telah mencairkan banyak dana untuk membantu para pelajar lewat beasiswa seperti beasiswa untuk pelajar cerdas, kurang mampu dan banyak lagi.

Mengakses bantuan beasiswa kampus atau pihak swasta : Mahalnya biaya kuliah membuat banyak calon mahasiswa yang kurang beruntung sehingga harus menunda kuliahnya. Namun sekarang banyak cara untuk mendapatkan beasiswa.

Caranya pun beragam. Misalnya disediakan oleh kampusnya sendiri, contohnya melalui prestasi akademik yang memiliki persyaratan utama yaitu Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) harus mencapai angka tertentu, ada juga untuk mahasiswa yang kurang mampui secara ekonomi.

Atau prestasi non-akademik yaitu mahasiswa yang menguasai bidang-bidang tertentu seperti seni, olahraga dan kegiatan non-akademik lainnya.

Mencari uang sendiri : Banyak kampus atau perguruan tinggi yang membuka kesempatan kuliah bagi para karyawan. Banyak juga mahasiswa yang kuliah sambil bekerja untuk membayar kuliahnya sendiri.

Banyak tempat usaha membutuhkan lowongan kerja yang memperbolehkan anda berstatus sebagai mahasiswa. Bekerja paruh waktu se ai dengan bidang pendidikan yang sedang di alami, akan memberikan manfaat ganda bagi anda terutama mengenai masalah finansial.

Ipii Tokan adalah nama pena dari  Siprianus Senuken Medhon- Jr  / Foto : kompas.com

Sebarkan Artikel Ini:

1
Leave a Reply

avatar
1 Discussion threads
0 Thread replies
0 Pengikut
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
0 Comment authors
Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
trackback

[…] Baca Juga: Banyak Jalan Menuju Dunia Kuliah […]