(Mencermati diskusi yang diselenggarakan oleh IA-KMAY Bayolewuñ, 1 Juli 2023)
Eposdigi.com – Pragagas. Politik adalah tentang niat dan upaya membangun kesejahteraan bersama. Nilai-nilai politik yang pada dasarnya “baik” sudah mengalami penyimpangan yang ditandai dengan praktik-praktik politik yang kurang beradab.
Nah, seperti apakah seluk beluk Budaya Politik dan Politik Berbudaya? \
Budaya dalam pengertian Lamaholot, adalah NULU, yang terdiri dari: (i) nulu gatu’ gahiñ koda kiriñ, (ii) nulu one’ pehu’añ, meteneñ, menohiñ, (iii) nulu gemohiñ, epu boit tutluñ tali’, (iv) nulu dera déké (huañ-kenube, mewa’ [pasoñ], nubak), (v) nulu ola tuéñ ta’añ tuluñ tapañ moripet, (vi) onga tonga rerawulañ lugu parep tanaékañ, (vii) nulu solé’ liañ, hédung hamañ, soka séléñ.
Budaya Politik Lamaholot: Pola perilaku masyarakat dalam kehidupan tempatan Lamaholot, penyelenggaraan administrasi tempatan, penyelenggaraan pemerintahan (meheneñ suku, meheneñ lewo, lewotana alapeñ), perethañ muruñ dan hayu’ baya, nulu waleñ, dan tradisi tempatan yang dihayati oleh seluruh anggota masyarakat dalam kehidupannya sehari-hari.
Politik Berbudaya Lamaholot, semestinya berdasarkan ketujuh NULU di atas, dengan menjaga dan mengawal: Politik Ta’añ Oneket Keloh’oñ, Politik Ta’añ Oneket Pehu’añ, Politik Ta’añ Oneket Méteneñ, tanpa janji-janji, peopeka hala pehideka hala, tanpa menyikut sana sini, tanpa niat untuk bersaing, tanpa menyakiti orang lain héloñ meto nangé.
Baca Juga:
Tujuan Pemilihan Umum, (baik pilpres, pileg, pilgub, dan pilbup) adalah: (i) untuk menemukan sosok terbaik untuk memegang jabatan (baik pilpres, pileg, pilgub, dan pilbup). (ii) mencegah yang buruk bahkan yang paling buruk memegang jabatan (baik pilpres, pileg, pilgub, dan pilbup).
Mengapa kita di Adonara selalu kalah?
Ini pertanyaan reflektif untuk kita simak bersama. Kita kalah karena seloga sare tua,– terlalu baik hati. Ada dua hal pokok yang membuat kita harus gigit jari karena kalah, yaitu: menjunjung budi kelekat dan bermurah hati membuka peluang agar “siapa dan partai apapun” boleh masuk.
Ini peluang bagi orang lain untuk mengalahkan kita. Senareket tode bogo atau sosiawan abnormal. Butir nilai budaya politik berkearifan Lamaholot yang paling utama adalah Gelekat. Filosofi Gelekat, adalah: gelekat ta’añ oneket, soroñ ta’añ oneket, hode ta’añ oneket,– berbakti dengan hati, memberi dan menerima dengan hati– maka nenek moyang kita di Lamaholot dengan sengaja tidak menetapkan kata khusus untuk menyatakan terima kasih.
Bandingkan Sikka, punya “epang gawang”. Gelekat adalah pengabdian diri seseorang untuk kebaikan bersama. Memberi dan menolong tanpa pamrih. Gelekat, yang tidak kalkulatif, menghitung berapa bayaran suara yang bisa saya dapat dari suatu kegiatan gelekat.
Politik Berbudaya berkearifan Lamaholot, mesti ditalangi dengan semangat dan martabat Gelekat Sejati, bukan gelekat kalkulatif atau gelekat transaksional.
Kenato Nena
Tité kahé naranet, tité ata Lamaholot, nuakeng lali Au’ Gatang Matang sapé téti Baranusa ata Tana Muna Séli nhi, mur’eñ na’énñ tité nhi toöñ naranet, toöñ di ul’iket epatet plau lol’añ nai sape hipuka lau pukeñ.
Baca Juga:
Budaya Politik Baru Berkearifan Lamaholot untuk Ketangguhan Peradaban
Tung 1934 Kakang Horowura neiñ érékeñ (nuri) mé’añ tou te Soékarno. Naku Soékarno pnuket maiñ érékeñ méäñ nhé akéne deko depuñ, ti Soékarno dé’ina peli dermaga, na loök érékeñ naäro beka nage nä mariñ, “ata adoknara aké maé bélo weki. tité ata gobo’ koli lolo, hugu pupu, bén tobo nobo lau”.
Tité merdéka tuñ pulu pito no’on buto kaé nhi, Kabupaten Flores Timur noon Provinsi Nusa Tenggara Timur tuneñ pulu neme noon léma kaé, naku nobuket plau pukeñ ata tobo hala sapé nha. Ke polé leta huke tunek anaket-kakaket-ariket nhi taäwé géré tobo (Kabupaten dan Provinsi), baik sebagai aleg, maupun Bupati.
Ata ikeneñ grihañ kdañ kenéré rabé las besi haé, naku tité gria kdañ kenéré taäñ keka’ mékhañ ti toöñ anaket-ariket tangañ gelétéñ taäñ lodo géré tato dai. Ata ikeneñ gria noöñ jembatan bo mela saré ha’é, naku tité ési kaé gria klétéñ kayo noöñ brap talé, ti hama-hama toöñ anaket-ariket taäñ tato dai (pai), bo hiko anaket ariket rato dai (pai) to’iñ tog’eket di akéneñ krigina.
Kamé mariñ egek tena naoto nuaneñ urañ mola kowa bahé, mo’ api péhéñ méhéneñ toü pai mureka: (i) peteñ penuket moiro kaé’ di péteng penuket maäro hipuk natana. (ii) tutu mariñ moiro ué di tutu mariñ uku loyak lewotana ul’iñ umeneñ maäro getana. (iii) liko hide’ lewotana ul’iñ umeneñ maäñ mewaro, hupeñ doré di ma’añ mewaro. (iv) hipuka lodo gelekat di maañ mewaro.
Baca Juga:
(v) nuphan lewo tou néiko kelekat wewa’ rañ to’u sapé naäno géré péhéñ méhéneñ mureka’, wewa rañ éh’añ to’u kaé nhé mo péteñ gadiro maiñ nhé lewotana budhiñ kelekateñ. (vi) nuphañ géré tobo hériko, peteñ penuket onga’ parep aeñ géré, bo hiko mö lugu onga arep aéñ lodo, turuñ pelali sama aya’ nhé mo’ narham.
Pertanyaan
Menurut ekspektasi saya, dalam pertemuan ini sebaiknya diajukan pertanyaan sebagai berikut:
1) Tité atadik’eñ pi Lamaholot ni nulu 4 (pat) na’éñ: (i) Ata ha’é roi ahé hala, naku raäñ pi hélo ata roi-roi, ti raäñ oneka blolo-blolo nutuñ péhéñ kereyhañ adi rupa-adi rupa, hipuka nutuñ peheñ méhéneñ toü.
(ii) Ata ha’é roi ékañ naku tobo raäñ one oluñ, suka raäñ ahé’ hala. naku miañ ata raäñ noöñ aku-aku ra’ rolo rai uré-uhu’. nato péhéñ noöñ kreyhañ di tobo olune, rode huda’ gaha’ ata ikeneñ urus sapé raäñ hipuk
(iii) Ha’é mu roi ékañ hala, naku usadaya rai huleñ beléléñ ata olhana kereyhana, hulu heket raäñ héri’ penaha-penaha sapé roi hipuk, ti rai tiro doré reté raäñ. (iv) Ha’é mu roi ékañ – nage oneka peli pai huda adokwé rai guté gelekat, ti raäñ oneka réré-réré lodo rai guti umena damañ ur’ata ti re guté gelekat.
Baca Juga:
Berkenaan dengan Budaya Politik dan Politik Berbudaya, mure’-mure’ na’eñ “mo’é” nulunem taku nai?
2) Meti muhuk kemuha aku mai tobono (sebagai Bupati) peli Larantuka?
3) Flotim Kurañ Glaup na’eñ aku yang Anda tahu, sehingga Anda meyakinkan diri maju untuk memperbaikinya, bahkan menyempurnakannya?
4) Menjadi Bupati karena didasari oleh niat “menduduki singgasana Bupati dan dihormati” atau “menerek dan geridiñ untuk gute gelekat”?
5) Dengan mengamati kurañ gelaup (kekurangan) dan ehiñ kelemuneñ aku héna (kelebihan dan kesuksesan) dari kesebelas Bupati kita (1959 penjabat bupati Stefanus Ndoen, dan bupati dari 1961 hingga 2023: Antonius Blantaran de Rosari, Cyprianus Y. Manteiro, Anton Buga Langodai, Markus Weking, Simon Petrus Soliwoa, Iskandar H. Munthe, Hendrikus H. Mukin, Felix Fernandez, Simon Hayon, Yosef Lagadoni Herin, dan Anton H. G. Hadjon), Anda mau menjadi Bupati “seperti apa dan siapa” dan “mau melampaui apa dan siapa”?
Leave a Reply