Tidak Boleh Lengah, Corona Masih Ada

Nasional
Sebarkan Artikel Ini:

“…varian Omicorn menular lima kali lipat lebih cepat…”

Eposdigi.com – Jika mau jujur mengamati, di sekitar kita sudah banyak orang yang mengabaikan protokol kesehatan. Di jalan-jalan sering sekali dijumpai orang-orang tidak lagi mengenakan masker, juga berkerumun tanpa menjaga jarak.

Padahal corona masih menjadi persoalan serius di banyak negara di dunia, termasuk di Indonesia. Per 9 Desember 2021 hari ini, Pikiran-Rakyat.Com (09/12/2021) yang mengutip Worldometers menyebtkan bahwa hingga pukul 07.00 WIB ada lonjakan kasus corona sebesar 560.182 dalam 24 jam terakhir.

Lima besar lonjakan kasus harian terbanyak ada di Amerika Serikat dengan jumlah kasus harian 187.144, disusul oleh Brasil dengan penambahan 47.850, Turki sebanyak 33.198, India: 32.067 dan Rusian bertambah sebesar 26.097 kasus baru.

Baca Juga: Ada Varian  Corona yang Lebih Berbahaya, “Covidiot” Namanya

Per tanggal tersebut, negara-negara besar lain juga melaporkan penambahan kasus harian dalam jumlah besar. Jermian misalnya melaporkan 18.319 kasus baru harian, Italia dengan 14.842 kasus, Prancis : 13.713 kasus, Inggris dan Iran, masing-masing sebanyak 12,282 dan 11.023 kasus baru.

Apalagi sekarang ini, varian baru Omicorn (B.1.1.529) dilaporkan makin mendekat ke Indonesia. Databoks.katadata.co.id (09/12/2021) melaporkan bahwa di negara tetangga kita Singapura dan Malaysia serta Thailand, varian baru ini sudah terdeteksi.

Sumber yang sama ini melaporkan bahwa di Malaysia dan Thailand terdeteksi masing-masing 1 kasus, sedangkan di Singapura dilaporkan terdeteksi 6 kasus varian Omicorn.

Baca juga: Ingat, Vaksin Tak Cukup Mencegah Corona

Laporan GISAID yang dikutip katadata mengungkapkan bahwa telah ada 1.109 kasus varian Omicorn yang tersebar di 41 negara di dunia.

Bahkan Organisasi Kesehatan Dunia – WHO – pun telah menetapkan varian baru ini masuk dalam kategori VOC – Variant of Concern,  dimana disebutkan bahwa varian Omicorm menular lima kali lipat lebih cepat dari virus Corona asli. Kita bersyukur dan berharap bahwa varian Omicorn jangan sampai masuk ke Indonesia.

Walaupun dilaporkan menurun namun per hari ini seperti dikutip dari detik.com (9/12/2021), masih ada penambahan  kasus corona sebanyak 222 orang.

Baca Juga: Menuju Kedaulatan Vaksin Corona

Dari jumlah tersebut provinsi-provinsi di Pulau Jawa masih menyumbang kangka kasus harian paling tinggi. Lebih dari 50 persen kasus harian disumbang oleh Pulau Jawa atau sebanyak 142  kasus baru. Namun kabar baiknya adalah 10 dari 34 provinsi di Indoensia melaporkan nihil kasus harian Corona.

Kesepuluh provinsi yang melaporkan kasus corona nihil adalah Aceh, Kepulauan Riau, Sumatera Barat dan Selatan juga Riau dan Bengkulu, Sulawesi Tenggara dan Barat serta Gorontalo dan Maluku.

Terhadap Corona, kita tidak boleh lengah. Menjalankan protokol kesehatan harus menjadi kebiasaan baru yang dilakukan dengan kesadaran dan disiplin yang tinggi.

Foto ilustrasi dari : kabar24.bisnis.com

Sebarkan Artikel Ini:

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of