Orang Tua dan Perannya dalam Membingkai Pendidikan Anak

Budaya
Sebarkan Artikel Ini:

Eposdigi.com – Sabtu, 10 Juli 2021 SDK Sang Timur Karang Tengah mengadakan acara rutin, yakni pertemuan wali murid kelas satu di jenjang sekolah dasar. Acara Pertemuan wali murid tersebut dilaksanakan secara virtual, mulai pukul delapan hingga pukul sebelas pagi.

Pertemuan orang tua siswa di awal tahun pelajaran penting dilaksanakan karena merupakan pembuka jalur komunikasi antara pihak sekolah dan pihak orang tua.

Acara rutin setiap tahun yang dilaksanakan oleh sekolah Sang Timur bertujuan untuk menjembatani antara pihak sekolah dengan orang tua siswa yang berhubungan dengan kebutuhan peserta didik baik itu mengenai kebutuhan pokok proses belajar mengajar maupun kebutuhan pendukung lain demi kelancaran proses belajar mengajar.

Baca Juga : Tugas Perkembangan anak Usia Sekolah Dasar, Mengapa Perlu Diketahui Orang Tua dan Guru?

Antusiasme para orang tua murid kelas satu tampak dari jumlah yang ikut zoom. Hal ini menunjukkan kepedulian para orang tua/wali murid kepada SDK Sang Timur. Dalam pertemuan ini disampaikan beberapa materi yang menyangkut kemajuan dan perkembangan para siswa.

Sr. Clarissa PIJ selaku Kepala Sekolah mengajak para guru, orang tua dan anak untuk saling bersinergi dalam membingkai pendidikan di SDK Sang Timur. Orang tua memiliki peran yang sangat besar dan utama. Peran serta orang tua dalam sistem pembelajaran ini tidak bisa dipungkiri.

Orang tua baik ayah maupun ibu menjadi garda terdepan yang mengawal anak-anaknya tetap belajar di rumah masing-masing. Sebelum adanya situasi ini, tidak banyak waktu orang tua dalam membimbing anaknya, bahkan sampai orang tua hanya sekedar sebagai pemenuh materi saja.

Baca Juga : Ini Tanda Orang Tua Menghargai Anak dan Dampaknya pada Pertumbuhan Anak

Namun saat ini situasinya berubah, orang tua menjadi lebih banyak waktu dalam membimbing anaknya dan terjalin kedekatan emosional lebih dari sebelumnya.

Saat orang tua memahami bahwa virus corona saat ini belum selesai, dan saat orang tua benar-banar memahami bahwa pendidikan anak merupakan tanggung jawab bersama, maka di situlah orang tua akan benar-benar aktif berpartisipasi mendampingi anaknya dalam pembelajaran online.

Namun kendalanya tidak semua orang tua dapat mendampingi anak saat pembelajaran daring dengan beberapa alasan. Kenyataan ini mendorong sekolah untuk mencari jalan terbaik.

Yayuk Sudaryatun bidang kurikulum dalam pemaparan menjelaskan beberapa hal seperti struktur kurikulum, beban belajar peserta didik, dan ketuntasan belajar peserta didik. Dengan memaparkan program kurikulum diharapkan orang tua/wali dapat memantau perkembangan dan kemajuan anak-anaknya.

Baca Juga: Orang Tua Penyebab Anak Kecanduan Gawai

Sehingga akan terjalin kerjasama yang baik antara pihak sekolah dan orang tua/ wali. Kalender akademik juga disampaikan supaya orang tua mengetahui jadwal kegiatan apa saja yang akan ditempuh pada kegiatan selama dua semester.

Fransiska Marwati Sie Kesiswaan mendorong Orang tua agar berpartisipasi menjadi motivator bagi anak menggantikan peran guru di sekolah. Orang tua dapat memberikan semangat serta dukungan kepada anaknya dalam melaksanakan pembelajaran.

Hal ini akan membuat anak memiliki semangat untuk belajar serta memperoleh prestasi yang baik. Bentuk partisipasi orang tua dalam pembelajaran daring ini sebenarnya adalah membantu peran guru di sekolah. Peran orang tua adalah menjadi orang tua yang memotivasi dalam segala hal.

Baca Juga : Bagaimana Orang Tua Mengantar Maudy Ayunda Meraih Segudang Prestasi?

Orang tua turut berpartisipasi dalam membimbing dan memberikan motivasi kepada anak, baik dengan cara memberikan semangat maupun dengan cara meningkatkan kebutuhan sekolah. Jika semua berjalan baik pendidikan akan bermanfaat dan berhasil.

Tulisan ini sebelumnya tayang di depoedu.com, kami tayangkan kembali dengan izin dari penulis.

Sebarkan Artikel Ini:

2
Leave a Reply

avatar
2 Discussion threads
0 Thread replies
0 Pengikut
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
0 Comment authors
Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
trackback

[…] Baca Juga: Orang Tua dan Perannya dalam Membingkai Pendidikan Anak […]

trackback

[…] Baca Juga: Orang Tua dan Perannya dalam Membingkai Pendidikan Anak […]