Musda I Hasilkan Ketua Baru IGI Flores Timur

Daerah
Sebarkan Artikel Ini:

Eposdigi.com- Sabtu, 15 Mei 2021 telah dilaksanakan kegiatan musyawarah daerah (Musda) I Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kab. Flores Timur. Kegiatan tersebut diadakan di SD Katolik Lebao Tengah II. 

Agenda yang dilakukan dalam musyawarah tersebut adalah pemilihan ketua daerah IGI Flores Timur periode 2021-2026.  Kegiatan ini dicetus oleh Plt Ketua IGI Flores Timur, Bapak Willy Muda yang bekerja sama dengan panitia pemilihan Ketda IGI Flores Timur. 

Penjaringan bakal calon ketua dilakukan oleh tim formatur yang akhirnya mendapatkan 4 calon yang siap maju, yakni Damsianus Sepulo Tukan, S.Pd., Emanuel Fernandez Numba, S.T., Apolinia Gola, S.Pd. M.Pd., dan Kamsudin Ridwan, M.Pd.. Akan tetapi, ada dua calon yang kemudian mengundurkan diri, yakni Ibu Apolonia dan Pak kamsudin.

Selanjutnya akan dilakukan penetapan bakal calon menjadi calon ketua oleh panitia pemilihan yang diketuai Bapak Paulus Tukan, S.Pd. M.Pd. yang kemudian akan dilakukannya masa kampanye terkait visi dan misi.

Baca juga: IGI Flotim Dan SMAN 1 Lewolema Bangun Sinergi Tingkatkan Kompetensi Guru

Kegiatan Musda juga dihadiri oleh para pembina IGI Flores Timur serta perwakilan dari badan pengurus IGI pusat oleh Kabid keanggotaan yakni Bapak Frans Berek. Bapak Frans Berek ini yang kemudian membuka kegiatan Musda I IGI Flores Timur.

Dalam sambutannya, Beliau berpesan bagi ketua baru yang terpilih bersama badan pengurus harus semangat dan solid untuk mengembangkan potensi-potensi guru di tanah Lamaholot.

Beliau pun menegaskan bahwa ketua baru dan badan pengurus harus seperti pemain bola, ada yang penjaga gawang, benteng pertahanan, gelandang dan striker atau penyerang. 

Selain Bapak Frans Berek, Bapak Willy Muda selaku ketua pelaksana tugas juga turut mengatakan bahwa, IGI itu adalah barisan militan yang harus menjadi lokomotif penggerak dunia pendidikan di lembaga tempat tugas para anggota IGI, apalagi dengan adanya program merdeka belajar dari pemerintah yang harus didukung oleh IGI Flotim. 

Tidak hanya itu, setiap guru memiliki kemerdekaan memilih organisasi profesi guru yang diminati tanpa ada unsur paksaan.

Selanjutnya Bapak Willy Muda berpesan ketua baru yang terpilih harus memegang tiga kata kunci, yakni sabar, tabah dan pengorbanan. 

Baca juga: Digitalisasi Sekolah Pada Tahun 2021, Bagaimana Kelanjutannya?

Ketua dan badan pengurus yang baru harus siap bentangkan layar, hidupkan mesin dan fullkan BBM untuk menahkodai IGI Flotim lima tahun mendatang.

Tidak hanya itu, ketua dan badan pengurus perlu membawa guru-guru Lamaholot yang berkompetensi dan berdaya saing di era digitalisasi dalam memproduksi generasi emas Flores Timur ke depannya.

Voting pemilihan ketda IGI Flotim kali ini dilakukan dalam dua cara yakni secara langsung bagi anggota IGI yang hadir dan juga melalui form online via WA grup IGI Flotim.  Form online dipantau ketat oleh tim teknis IT. 

Hasil penghitungan suara dari dua calon, yakni Damsil Tukan dan Eman Fernandez saling bersaing ketat. Rekapan akhir perolehan suara pun beda tipis.

Kemenangan akhirnya berpihak pada calon nomor urut 1 yaitu Damsil Tukan dengan perolehan suara 27,  sedangkan Eman Fernandez nomor urut 2 dengan jumlah 24 suara. 

Akhirnya pelaksana tugas Ketua IGI Flotim membuat berita acara hasil Musda I yang menyatakan  Ketua IGI Flotim masa periode 2021-2026 adalah Damsianus Sepulo Tukan, S. Pd.

Sesuai dengan moto IGI, yakni “Sharing and Growing Together”,  IGI Flotim siap berbagi dan tumbuh bersama dalam membantu program-program pemerintah untuk memajukan pendidikan dan akan berkolaborasi dengan organisasi profesi lainnya. 

Tidak hanya itu, IGI Flotim akan menjalin kerja sama dengan pemerintah yakni Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga Flores Timur yang merupakan dapur para guru. 

IGI Flotim dalam perencanaan program-program kerja ke depannya, lebih memfokuskan  pada peningkatan pedagogik dan keprofesionalan guru-guru Lamaholot dengan desain pelatihan-pelatihan berbasis IT serta literasi dan numerasi. 

Baca juga: IGI Flores Timur Latih Guru SMPN Bugalima Hadapi Tantangan Era 4.0

Pelaksanaan program kerja IGI Flotim akan diambil pada hari Sabtu dan hari-hari libur, agar tidak menyita jam efektif pembelajaran guru di depan kelas bersama siswa. 

Segenap redaksi eposdigi.com mengucapkan selamat kepada seluruh pengurus dan ketua IGI Flotim terpilih. Semoga ke depannya terus bersinergi dengan eposdigi untuk mendidik lebih baik.

Sebarkan Artikel Ini:

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of