Dibuka Beasiswa S1 Pada 8 Perguruan Tinggi yang Dikelola BUMN, Apa Syaratnya?

Nasional
Sebarkan Artikel Ini:

Eposdigi.com – Delapan perguruan tinggi yang dikelola BUMN, yang berada di bawah Aliansi Perguruan Tinggi Badan Usaha Milik Negara (APERTI BUMN), resmi membuka jalur beasiswa untuk calon mahasiswa yang akan kuliah pada salah satu dari 8 perguruan tinggi BUMN tersebut.

Beasiswa ini adalah beasiswa tahun kedua yang akan diberikan pada 40 putra putri terbaik yang lolos seleksi masuk, dan lolos seleksi beasiswa. Sedangkan pada tahun sebelumnya (2019), APERTI BUMN memberikan beasiswa hingga lulus, pada 30 penerima.

Dalam sambutannya, Ketua APERTI BUMN sekaligus rektor Universitas Pertamina (UP) Ahkmaloka Misana, seperti dikutip pada Kompas.com, menegaskan bahwa beasiswa ini merupakan bentuk kontribusi APERTI BUMN dalam pembangunan nasional, khususnya peningkatan sumber daya manusia.

Baca Juga: Program Studi Di Perguruan Tinggi Negeri Yang Sepi Peminat

“Tahun ini program beasiswa tersebut kami adakan kembali untuk diberikan pada 40 putra putri terbaik bangsa Indonesia yang tersebar dari Sabang sampai Merauke”, tegas Akhmaloka, dalam Konfrensi Pers daring pada Kamis, 14/5/2020.

APERTI BUMN resmi didirikan pada tanggal 2 Agustus 2017 untuk ikut berpartisipasi dalam pengembangan SDM melalui kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat serta pembangunan nasional pada umumnya.

Anggota APERTI BUMN yang terdiri dari :

  • Universitas Pertamina (UP)
  • Universitas International Semen Indonesia (UISI)
  • Telkom University (Tel-U)
  • Institut Teknologi PLN (IT-PLN)
  • BRI Institut
  • Sekolah Tinggi Management Logistik Indonesia (Stimlog)
  • Politeknik Pos Indonesia (Poltekpos)
  • IT Telkom Surabaya (ITTS)

Pendaftaran mengikuti seleksi beasiswa APERTI  BUMN, telah dibuka pada Kamis 14 Mei 2020 hingga 1 Juli 2020 mendatang. Peserta yang lulus seleksi akan memperoleh kesempatan sebagai berikut :

  1. Mendapatkan pembiayaan pendidikan hingga lulus dengan mengikuti ketentuan yang berlaku pada masing-masing perguruan tinggi.
  2. Mahasiswa berkesempatan magang di sejumlah BUMN dan perusahaan lain yang bekerja sama. Setelah lulus, lulusan dapat bekerja pada BUMN tersebut.

Baca Juga: Mencermati Fenomena Munculnya Program Studi Baru di Tahun Kuliah 2020-2021

Syarat-syarat pendaftaran

Para calon peserta seleksi harus memenuhi persyaratan sebagai berikut :

  1. Lulus SMA/SMK tahun 2019 atau tahun 2020 dan telah mendaftar pada salah satu dari 8 perguruan tinggi dibawah naungan Aperti BUMN untuk melanjutkan studi S1 atau diploma.
  2. Proses seleksi dilaksanakan secara online berdasarkan nilai raport.
  3. Kandidat pendaftar beasiswa yang lolos ke tahap wawancara akan diumumkan tanggal 16-18 Juli 2020.
  4. Pengumuman penerima beasiswa dilaksanakan pada tanggal 22 Juli 2020.

Informasi lebih lanjut mengenai beasiswa dari masing-masing perguruan tinggi BUMN tersebut dapat dilihat pada laman https://apertibumn.org/

Bagi lulusan SMA/SMK yang sedang mencari alternatif untuk melanjutkan studi, informasi ini dapat anda pertimbangkan. Jika  diterima, apalagi dengan beasiswa, anda telah memiliki peluang bagus untuk merintis karier di BUMN negeri ini.

Saat ini harusnya tidak ada lagi cerita seorang lulusan SMA tidak dapat melanjutkan studi karena tidak memiliki biaya. Karena tersedia sangat banyak beasiswa, termasuk beasiswa APERTI BUMN ini. Apalagi anda lulus SMA dengan prestasi yang bagus. Selamat Berjuang. (Tulisan ini sebelumnya tayang di depoedu.com, kami tayangkan kembali dengan izin dari penulis / Foto: m.tribunnews.com)

Sebarkan Artikel Ini:

1
Leave a Reply

avatar
1 Discussion threads
0 Thread replies
0 Pengikut
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
0 Comment authors
Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
trackback

[…] Baca Juga : Dibuka Beasiswa S1 Pada 8 Perguruan Tinggi Yang Dikelola BUMN, Apa Syaratnya? […]