Memilih Untuk Menjadi Versi Terbaik Yang Anda Inginkan

Warga Peduli
Sebarkan Artikel Ini:

Eposdigi.com – Hidup merupakan sebuah pilihan, yakni langkah yang kita ambil untuk menentukan siapa kita di kemudian hari. Pilihan yang diambil ini kemudian menjadi langkah awal proses kita membentuk identitas kita (saya mau menjadi apa di kemudian hari)

Terlepas dari apapun situasi yang ada, kita harus punya keberanian untuk memutuskan pilihan hidup, karena apa yang menjadi keputusan dan pilihan yang diambil saat ini akan mengantarmu berproses menentukan seperti apa masa depan Anda.

Menjadi pertanyaannya apakah kita mampu, bisa memilih satu di antara semuanya pilihan yang ditawarkan atau tidak sama sekali?
Kalau kita tidak memilih sama sekali maka kita tidak memiliki kepribadian atau tujuan yang jelas, jadi kita harus menentukan pilihan untuk hidup kita kedepannya.

Pilihan yang kita buat setiap hari adalah akankah kita memilih untuk berperan aktif menentukan jalan hidup atau akankah kita pasrah saja menerima nasib kita?

Baca Juga:

Soal Pilihan Hidup, Cukupkah Hanya Dengan List Planning?

Semua kita pasti memiliki keyakinan bahwa, setiap pilihan yang kita buat atau kita ambil, pastinya akan menjamin kehidupan yang lebih bersejahtera di kemudian harinya.

Misalnya ”Seperti Ardi seorang pelajar SMA memiliki pergaulan yang sangat bebas, ia memiliki perilaku yang buruk sering kali berkelahi dengan teman di sekolahnya, mengikuti tawuran antar pelajar, bahkan ia sering kali merokok, minum-minuman keras dan berjudi, karena perilaku yang buruk ia dikeluarkan dari sekolah nya”.

Dari contoh perilaku Ardi diatas mencerminkan bahwa pilihan yang diambil saat ini akan menentukan seperti apa nasib Anda. Seperti yang kita lihat pilihan hidup yang diambil oleh Ardi pada akhirnya membuat dirinya terkena masalah, yakni Ardi harus dikeluarkan dari sekolahnya karena perilaku buruknya.

Kita seringkali menganggap hal tersebut (dalam hal pilihan melakukan tindakan) adalah hal sepele, tanpa kita sadari hal tersebut menghambat masa depan kita.

Baca Juga:

Benarkah Menjadi Dewasa adalah Pilihan?

Jadi kembali lagi ke pribadi kita sendiri memilih untuk keluar dari pergaulan tidak sehat tersebut (dalam arti berani untuk mengambil keputusan/pilihan hidup) dan mulai menata masa depan kita dengan tekun belajar, melakukan hal-hal yang positif.atau terus terjebak dengan zona tidak nyaman tersebut.

Untuk menghindari agar anak tidak salah dalam menentukan pilihan hidup diharapkan orang tua juga turut serta terlibat dalam pengambilan keputusan tersebut.

Orangtua memiliki peranan yang sangat penting dalam hal tumbuh, kembang, dan setiap keputusan yang diambil oleh anaknya. Untuk menghindari agar anak tidak terjerumus dalam pilihan hidup yang salah, orangtua bisa melakukan beberapa tindakan seperti:

Pertama, Para Orangtua harus mendorong anak-anak mereka untuk menempatkan harapan dalam benak mereka seperti, semisal anak menyukai alat musik gitar, maka orang tua bisa mencarikan les privat gitar untuk anak, dengan harapan agar anaknya lebih mahir memainkan gitar.

Baca Juga:

Cara Baru Menuju Sukses: Recode DNA

Kedua, Orang Tua harus melibatkan anak dalam setiap keputusan yang hendak dibuat untuk rencana masa depan anak-anaknya seperti, orang tua tidak boleh memutuskan sesuatu hal secara sepihak untuk anaknya, contohnya anak menyukai kelas melukis tetapi orang tua mendaftarkan anaknya di kelas menari tanpa bertanya terlebih dahulu pada anak.

Pada akhirnya hidup yang kita pilih tergantung kita mau menjadi apa di masa depan, jika Anda ingin menjadi seorang pengajar (guru), maka Anda harus melalui proses dengan mengenyam pendidikan dalam jurusan keguruan.

Banyak diantara kita telah menentukan pilihan untuk bertindak, jadi pilihan yang kita tentukan setiap hari sangatlah penting sebagai pengantar untuk mencapai tujuan dimana hendak kita bermuara.

Baca Juga:

Enam Perguruan Tinggi Ini Membantah Terlibat Dalam Dugaan Tindak Pidana Perdagangan Orang

Tidak ada kata terlambat untuk kita mau berubah dan mulailah menentukan pilihan hidup menjadi yang terbaik. Jadi tetaplah berpikir positif, konsisten dengan prosesnya, dan jadikan dirimu versi terbaik yang Anda harapkan.

Sebarkan Artikel Ini:

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of