Bercita-cita Menjadi Pegawai Pajak, Ini 8 Perguruan Tinggi yang Memiliki Program Studi Perpajakan

Nasional
Sebarkan Artikel Ini:

Eposdigi.com – Di Indonesia, gaji pengawai pajak ditetapkan lebih tinggi oleh pemerintah, di dalamnya termasuk gaji dan tunjangan kinerja. Misalnya untuk eselon III peringkat 19, peringkat tertinggi di eslon III, menerima gaji Rp. 46.478.000. Sedangkan di level bawah eselon III, misalnya pada peringkat ke 7, menerima gaji Rp. 12.316.500.

Jumlah di atas baru gaji. Sementara dalam komponen gaji pegawai pajak ada tunjangan kinerja, yang diberikan berdasarkan pencapaian target pajak yang ditetapkan oleh pemerintah.

Jika target pajak yang ditetapkan oleh pemerintah tercapai 95 persen (misalnya tahun 2023), maka pemerintah membayar tunjangan kinerja sebesar 100 persen dari gaji yang diterima selama satu tahun berikutnya (2024).

Jadi gaji pegawai pajak eselon III level 7 di atas otomatis akan menjadi Rp. 24.633.000 selama tahun 2024. Skema ini hanya belaku di Dirjen Pajak. Inilah yang membuat gaji pegawai pajak jauh lebih tinggi daripada pegawai negeri lainnya.

Baca Juga:

5 Sekolah Fashion Paling Bergensi di Dunia Menurut CEOWorld

Inilah yang membuat jurusan perpajakan menjadi salah satu jurusan favorit yang dipilih bagi lulusan SMA/SMK. Selama ini jenjang pendidikan jurusan perpajakan hanya sampai jenjang diploma misalnya di PKN STAN, atau Sekolah Tinggi Perpajakan atau di Universitas Diponegoro.

Berikut ini Universitas, baik Universitas Negeri maupun Universitas Swasta yang menyelenggarakan jurusan perpajakan pada jenjang S1:

1.Universitas Indonesia

Seperti dilansir pada laman SINDONEWS.COM istilah jurusan perpajakan di Universitas Indonesia lebih dikenal dengan Ilmu Administrasi Fiskal. Jurusan ini berada dalam naungan Fakultas Ilmu Administrasi. Jurusan ini dibuka sejak tahun 1981.

Jurusan ini terakreditasi A dengan fokus Tata Kelola (governance) Fiskal dan Pengembangan Studi Administrasi Perpajakan dengan fokus pada Kajian atau Kebijakan Pemerintah.

  1. Universitas Brawijaya

Di Universitas Brawijaya, Program Studi Perpajakan berada di bawah Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis, yang bernaung di bawah Fakultas Ilmu Administrasi. Didirikan tahun 2010.

Baca juga : 

8 Sekolah Kedinasan yang Dapat Menjadi Alternatif Pilihan Melanjutkan Studi

Saat ini program studi ini sudah terakreditasi dengan akreditasi A. Berfokus pada penguasaan konsep teoritis dan keterampilan teknis dalam bidang perpajakan yang ditunjang oleh softskills, integritas moral, sikap dan etika profesional baik di sektor publik maupun di sektor privat.

Lulusan jurusan ini disiapkan untuk bekerja di sektor bisnis karena berada di bawah naungan Jurusan Administrasi Bisnis, namun lulusannya dapat juga bekerja di sektor lainnya.

  1. Universitas Katolik Soegijapranata

Ini adalah universitas swasta penyelenggara Program Studi Perpajakan yang berlokasi di Semarang Jawa Tengah. Program Studi Perpajakan di Universitas ini sudah terakreditasi A pada Oktober 2020.

Jurusan Perpajakan di Unika Soegijapranata merupakan bagian dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis yang menyediakan Jurusan Perpajakan jenjang Diploma 3. Belum diselenggarakan jenjang S1.

  1. Politeknik API Yogyakata

Politeknik API Yogyakarta menyelenggarakan Jurusan Perpajakan untuk jenjang Diploma III. Sebagaimana idealnya program diploma, mahasiswa Jurusan Perpajakan porsi kurikulum praktiknya lebih dominan, sehingga lulusannya diharapkan dapat menangani masalah perpajakan di lapangan.

  1. Universitas HKBP Nommensen

Universitas berlokasi di Kota Medan Sumatera Utara ini juga menyelengarakan Program Studi Administrasi Perpajakan pada jenjang Diploma III. Untuk menyelesaikan program tersebut mahasiswa harus menyelesaikan 133 SKS.

Program studi ini mulai diselenggarakan sejak tahun 2016, telah terakreditasi dengan akreditasi B. Lulusannya disiapkan untuk menjadi Ahli Madya Perpajakan untuk dapat melayani kepentingan masyarakat terkait perpajakan.

  1. Universitas Pancasila

Program DIII Perpajakan berada di bawah naungan Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Bertujuan menghasilkan lulusan yang memiliki keahlian dalam perencanaan pelaporan, analisis, konsultasi, pendampingan dan penyelidikan pajak.

Lulusan dilatih untuk memiliki keahlian spesifik di bidang perpajakan secara digital pada bidang SME taxation, corpotate taxation, employment taxes dan international taxation.

Baca juga :

Seleksi Masuk Mahasiswa Baru, PKN-STAN Gunakan Nilai UTBK

Peluang karir lulusan adalah menjadi pegawai di lingkungan Ditjen Pajak, Tax Planner di kantor Akuntan Publik, Tax Adviser di kantor konsultan pajak, atau menjadi konsultan pajak mandiri.

  1. Universitas Mercubuana Yogyakarta

Di Universitas Mercubuana Perpajakan menjadi salah satu konsentrasi Program Studi Akuntansi. Sudah terakrediatsi dengan akreditasi A oleh Badan Akreditasi Nasional.

Jurusan Akuntansi dengan konsentrasi Perpajakan ini didirikan sejak tahun 1986. Lulusan akan dibekali dengan keterampilan menyusun menyusun laporan pajak, dapat menyelesaikan masalah administrasi perpajakan dan laporan keuangan.

Lulusannya dapat berkarir di lingkungan Dirjen Pajak, di perusahaan, dapat juga menjadi konsultan pajak mandiri dengan melewati terlebih dahulu Ujian Sertifikasi Konsultan Pajak terlebih dahulu.

  1. Universitas Merdeka Malang

Di Universitas Merdeka Malang, Perpajakan masuk dalam Program Studi Akutansi dan Perpajakan. Program studi ini sudah terakreditasi Badan Akreditasi Nasional dengan hasil Akreditasi B.

Program Studi Akuntasi dan Perpajakan membekali lulusanya dengan Softskill, memiliki kualifikasi di bidang pajak dan memiliki kemampuan brevet pajak.

Lulusan disiapkan untuk berkarier di berbagai bidang seperti menjadi konsultan pajak mandiri, berkarir di lingkungan Dirjen Pajak, Akuntansi Perusahaan dan karyawan perbankan.

Itulah perguruan tinggi yang memiliki program studi atau jurusan yang mempelajari tentang Perpajakan. Jika ada murid Eduers yang bercita-cita berkarir di bidang perpajakan, infomasi ini sangat mereka perlukan.  

Tulisan ini sebelumnya tayang di depoedu.com / Foto dari klinikpajak.co.id

Sebarkan Artikel Ini:

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of