Daftar Negara Paling Bahagia dan Paling Sengsara di Dunia. Indonesia Masuk Kategori Mana?

Internasional
Sebarkan Artikel Ini:

Eposdigi.com – World Happines Report, sebuah publikasi dari jaringan solusi pembangunan berkelanjutan PBB, merilis data terbaru tentang indeks kebahagiaan warga negara-negara di dunia, menempatkan Finlandia sebagai negara paling bahagia di tahun 2023.

Posisi ini diduduki oleh Finlandia selama enam tahun berturut-turut, setelah PBB melakukan survey global di 150 negara di dunia. Negara-negara tersebut diberi peringkat kebahagiaan berdasarkan evaluasi hidup rata-rata selama tiga tahun dari tahun 2020.

Ada enam kriteria yang digunakan dalam evaluasi rata-rata hidup tersebut, yaitu harapan hidup sehat, PDB perkapita masyarakat, dukungan sosial, tingkat korupsi yang rendah, kemurahan hati antar warga dalam komunitas dan kebebasan warga dalam membuat keputusan.

Selain Finlandia yang berada di posisi puncak, posisi sepuluh besar lainnya diduduki oleh Denmark di urutan kedua, Islandia di urutan ketiga. Posisi keempat ditempati oleh Israel, dan Belanda di urutan kelima.

Baca juga : 

Apa yang membuat Indeks Kebahagiaan Warga Denmark Paling Tinggi di Dunia?

Sedangkan Swedia, Norwegia, Swiss berada di urutan keenam, tujuh dan delapan. Dan pada posisi kesembilan dan kesepuluh ditempati oleh Luksemburg dan Selandia Baru. Amerika serikat berada di luar sepuluh besar, yakni pada urutan kelima belas. Bahkan Kanada berada dua peringkat di atasnya.

Dari Asia, Singapore berada di urutan ke-25. Malaysia berada di urutan ke-55, menyusul Thailand di urutan keenam puluh. Sedangkan Vietnam berada di urutan ke-65 dan Filipina berada di urutan ke-76.

Lalu Indonesia berada di urutan ke berapa? Posisi indeks kebahagiaan Indonesia berada satu point lebih bagus daripada Afrika Selatan, yakni pada urutan ke-84. Pada urutan ke-86, ada Kongo, satu poin di bawah Afrika Selatan.

Selain negara paling bahagia di dunia, pada dokumen tersebut juga dapat kita baca negara yang paling tidak bahagia di dunia. Atau secara ekstrim di sebut negara paling sengsara di dunia yakni Afghanistan, negeri yang sekarang sedang dikuasai oleh Taliban ini. Sedangkan Libanon keluar sebagai runner-up-nya.

Baca juga : 

Tiga Rahasia Hidup Bahagia Bagi Orang Finlandia

Selain dua negara paling sengsara di dunia ini, seperti dilansir pada laman detik.com, dua puluh negara paling sengsara di dunia termasuk Mesir di urutan ketujuh belas, Bangladesh di urutan kedua puluh, dan ada Yordania serta India.

Jika Eduers membaca daftar negara yang paling paling sengsara di dunia misalnya menurut versi yang dilansir oleh detik.com, saya tidak tahu pertanyaan apa atau kesimpulan seperti apa yang muncul di benak, namun saya yakin ada pertanyaan atau kesimpulan tersebut.

Selain itu, bagi kita di Indonesia, indeks kebahagiaan kita juga masih rendah. Mari kita beri dukungan terbaik dari kita masing-masing dalam upaya pemerintah membahagiakan warga misalnya terkait upaya memberantas korupsi, saling memberi dukungan sosial atau dalam hal kemurahan hati.

Tulisan ini sebelumnya tayang di www.depoedu.com / Foto:kumparan.com

Sebarkan Artikel Ini:

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of