Kopi Senja Desa Lamabelawa: BLT dan Inovasi Sang Kepala Desa

Tokoh
Sebarkan Artikel Ini:

Eposdigi.com – Setiap pemimpin memiliki tugas utama dan mulia yakni bertanggung jawab melayani masyarakatnya dengan ide sederhana tapi kreatif dan bermakna.

Pemimpin seperti ini pasti akan menemukan cara-cara baru agar dapat menjawab kebutuhan-kebutuhan masyarakat. Terutama kebutuhan masyarakat yang prioritas; yang tidak bisa ditunda.

Tulisan ini tidak dimaksud untuk menganalisa dan/atau mengevaluasi kinerja kepala desa kami. Sebagai bentuk apresiasi, tulisan ini lahir untuk mengapresiasi sekaligus sebagai bentuk dukungan atas kerja nyata kepala desa.

Baca Juga:

Desa Lamabelawa Juara Lomba Kuliner Lokal Festival Kampung Creative

Adalah Siprianus Sili Boli, Kepala Desa Lamabelawa – Kecamatan Witihama Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur, lewat ide sederhana namun kongkrit telah melakukan perubahan yang seingat saya mungkin belum pernah terjadi sebelumnya di desa kami.

Beberapa program prioritas sesuai hasil musyawarah bersama masyarakat dijalankan dengan baik dibantu para stafnya. Program wajib bantuan langsung tunai diperuntukan bagi masyarakat yang benar-benar berhak menerimanya.

Ditangan ayah dua orang anak ini, Bantuan Langsung Tunai (BLT) bukan hanya diberikan kepada masyarakat yang berhak di desa kami, terutama diperuntukan bagi siswa yatim piatu, yang hampir putus sekolah lantaran biaya.

Kepala Desa Lamabelawa Siprianus Boli (Paling Kanan) menyerahkan dukungan kepada siswa dari desa Lamabelawa di SMKN Witihama

Dalam sebuah kesempatan belum lama ini, Kepala Desa Siprianus Sili Boli yang didampingi Ketua BPD Simon Samon dan pendamping desa Jamhar Puru serta pihak aparat keamanan menyambangi dua orang siswa masing-masing siswa pada SMKN Witihama dan SMAS Lamaholot.

Pada kunjungan itu, Kepala Desa Lamabelawa Siprianus Sili Boli menyerahkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada dua siswa tersebut sebagai bentuk dukungan pemerintah desa atas pendidikan mereka.

Momen luar biasa ini, sontak membuat pihak sekolah pihak sekolah kaget dan haru. Mereka mengapresiasi aksi peduli kasih kepala desa yang sungguh mulia.

Dukungan Jajaran Pemerintah Desa Lamabelawa juga diberikan kepada warga desa yang merupakan Siswa SMAS Lamaholot Witihama

Tidak hanya mengunjungi sekolah untuk membereskan administrasi warga desanya, setelah itu rombongan ini langsung menuju rumah warga penerima bantuan lainnya. Kendatipun beberapa warga yang hanya terbaring, namun wajah sumringah seketika melihat kehadiran sosok inspiratif.

Sebagai warga desa, saya sangat bangga dengan jalan-jalan baru yang ditempuh oleh pemerintahan ini. Ini adalah bentuk komitmen yang telah dibangun. Hal-hal baik seperti ini adalah representasi dari kehadiran negara yang langsung mengatasi persoalan-persoalan masyarakat.

Baca Juga:

Apa Hubungan Korupsi Dana Desa Dengan Pendidikan Politik Warga Desa?

Kami berharap agar agar di masa depan program-program yang telah direncanakan mendapat sentuhan inovatif dan terus diwujudnyatakan demi kepentingan masyarakat desa dan Lewotanah secara lebih luas.

Karena saya yakin bahwa kepemimpinan yang terus mengembangkan sikap bertanggung jawab dan amanah adalah pemimpin-pemimpin besar yang kebaikannya akan direkam oleh semesta.

Mari terus rawat semangat ini, sebab perubahan kearah yang lebih baik datang dari inovasi-inovasi seperti ini.  Lamabelawa, 15 Maret 2023

Sebarkan Artikel Ini:

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of