Bagaimana Mengenali Gejala Jika Terinfeksi Virus Corona?

Nasional
Sebarkan Artikel Ini:

Eposdigi.com – Kemarin, 2 Maret 2020. Presiden Joko Widodo bersama Menteri Kesehatan Terawan Agus Purwanto, mengumumkan, dua warga Depok dinyatakan positif terjangkit virus Corona.

Kedua pasien yang adalah ibu dan anak,berusia 61dan 31 tahun. Saat ini dirawat di RSPI Sulianti Saroso, Sunter, Jakarta Utara. Saat ini, kedua pasien tersebut sudah diisolasi di ruang khusus, yang tidak ada kontak langsung dengan orang lain.

Kedua pasien ini, tertular dari seorang warga negara Jepang, teman dekat salah seorang pasien, yang  berusia 31 tahun.

Baca Juga: Coronavirus Yang Menginfeksi Akal Sehat

Dalam rangka pencegahan meluasnya penyebaran virus corona, Wali Kota Depok merencanakan untuk meliburkan sekolah dan kantor-kantor pemerintahan di wilayahnya, jika ada tanda-tanda penyebaran yang meluas.

Langkah meliburkan aktivitas sekolah telah diumumkan oleh negara seperti Jepang, Jepang adalah negara kelima yang warganya paling banyak terinfeksi virus corona, sebanyak 226 kasus, setelah Iran.

Meski begitu, Wali Kota Depok meminta seluruh warganya untuk tidak panic atas informasi penyebaran virus ini. Menurutnya, virus corona tidak menyerang orang yang menjaga kesehatan dengan, tidur cukup, makan sehat, dan olah raga rutin, serta selalu mencuci tangan  dengan air mengalir dan sabun.

Di samping itu, warga masyarakat perlu  mengenali gejala menjangkitnya  virus corona, seperti dilansir oleh Kompas.com berikut ini:

Baca Juga: Siap Siaga Menghadapi Infeksi Coronavirus

Hari ke-1 : pasien demam, mungkin mengalami kelelahan  , nyeri otot dan batuk kering. Dapat juga muncul diare atau mual selama satu atau dua hari sebelumnya.

Hari ke-5 : pasien mungkin mengalami kesulitan bernafas, terutama jika di usia lebih tua, atau pasien memiliki riwayat penyakit yang sudah ada sebelumnya.

Hari ke-7 : ini adalah waktu rata-rata gejala memburuk.

Baca Juga: Virus Corona dan Hoaks yang Menyertainya

Hari ke-8 : pada titik ini,  pasien dengan gangguan pernafasan akut, kondisi yang terjadi  ketika cairan berkumpul di paru-paru. Sering berakibat fatal.

Hari ke-10 : Jika pasien memiliki gejala memburuk sehingga perlu dirawat di ICU.

Hari ke-17 : Rata-rata pada umumnya pasien pulih dari sakit setelah kurang lebih dirawat selama 2 minggu.

Baca Juga: Istilah-istilah kunci untuk memahami Corona

Di samping mengenali gejalanya, masyarakat   juga perlu mengenali bagaimana virus corona menyebar dari orang yang terinfeksi kepada orang lain, dengan cara seperti :

  1. melalui udara, pada saat batuk dan bersin.
  2. kontak pribadi seperti menyentuh dan berjabatan tangan
  3. menyentuh benda atau permukaan dengan virus di atasnya, kemudia menyentuh mulut, hidung, atau mata, sebelum mencuci tangan
  4. bisa juga terjadi melalui kontaminasi tinja. Ini jarang terjadi.

Mudah mudahan kita terhindar dari infeksi corona virus yang hingga kini para ilmuwan masih berjuang menemukan vaksinnya. (Tulisan ini sebelumya tayang di depoedu.com. kami tyangkan kembali atas izin dari penulis. Foto: indopolitika.com)

Sebarkan Artikel Ini:

3
Leave a Reply

avatar
3 Discussion threads
0 Thread replies
0 Pengikut
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
0 Comment authors
Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
trackback

[…] Baca Juga: Bagaimana Mengenali Gejala Jika Terinfeksi Virus Corona? […]

trackback

[…] Baca Juga: Bagaimana Mengenali Gejala Jika Terinfeksi Virus Corona? […]

trackback

[…] Baca Juga: Bagaimana Mengenali Gejala Jika Terinfeksi Virus Corona? […]