Pengukuhan Pengurus Cabang BKMT Kecamatan Adonara Timur periode 2020 – 2025

Kearifan Lokal
Sebarkan Artikel Ini:

Eposdigi.com – Pengurus Cabang Badan Kontak Majelis Taklim (PC BKMT ) Kecamatan Adonara Timur  Periode 2020 – 2025 dikukuhkan oleh Ketua Umum Pengurus Daerah Badan Kontak Majelis Taklim (PD BKMT)   Kabupaten Flores Timur Hj. Nur Chandra , Minggu 12 Januari 2020.

Pengukuhan ini diselenggarakan bertepatan dengan Kegiatan Tabligh Akbar dan Safari Dakwah BKMT kabupaten yang ber tempat di masjid Jami Al Ma’ruf Lamahala . Pengukuhan Pengurus sesuai Surat Keputusan(SK) PD BKMT dengan Nomor : 02/SK/BKMT FLOTIM/I/2020

Susunan pengurus terdiriyang dikukuhkan terdiri dari Ketua: Hasna Hasan,S.Pd; Wakil ketua: Alwiah Nurhamidah Latif,S.Pd.I, ,Sekretaris: Siti Aminah,ST, ,Sekretaris:  Rahima; Bendahara: Wahyu Mulyani dan Bendahara 1: Emilia Asrad.

Pada kesempatan ini, ikut dikukuhkan 5(lima) Ketua Bidang yang masing masing adalah : Bidang Organisasi: Siti Maryam Ratuloli, Bidang Dakwah: Maryati Said. Bidang Diklat: Siti Syamsiah Heman, Bidang Sosial kemasyarakatan: Nur rahmah, sementara Fatimah Ahmad dipercaya mengetuai Bidang Usaha Dan Kerjasama.

Perlu diketahui bahwa ketua Bidang yang dipilih  merupakan Penyuluh Agama Islam Pada Kecamatan Adonara Timur dengan maksud agar informasi apapun tentang BKMT akan mudah tersiar pada Wilayah kerja masing masing penyuluh tersebut.

Pengurus Cabang yang terpilih melalui Musyawarah Cabang (MusCab) BKMT kecamatan Adonara Timur yang dihadiri oleh perwakilan dari Majelis Taklim yang ada di Adonara Timur, pada tanggal 05 Januari 2020.

Hadir dalam kesempatan ini dari berbagai unsur pendidikan dan profesi antara lain ada yang berprofesi sebagai guru, penyuluh Agama Islam, pedagang,dan lain sebagainya .

Mereka memiliki kesamaan niat ingin menjadikan BKMT sebagai Organisasi Sosial yang independen agar lebih berkiprah dalam menyelesaikan persoalan persoalan di masyarakat  umumnya dan di Adonara Timur khususnya.

Dalam sambutannya Hj. Nur Chandra mengatakan bahwa pengukuhan ini bukan hanya merupakan simbol belaka namun ada amanah Allah SWT didalamnya. Ia mengucapkan terima kasih atas  kesediaan para pengurus mau mengemban amanah tersebut.

Denga siap menjadi pengurus maka siap untuk berkorban baik  korban waktu, tenaga , pikiran dan harta. Ia menghimbau kepada PC BKMT kecamatan yang lain pun segera mempersiapkan diri untuk segera dikukuhkan .

Turut hadir dalam pengukuhan ini antara lain Ustadz Muhammad Syawal, S.Ag sebagai Kepala KUA Kecamatan Adonara Timur, Bapak Imam Masjid Jami Al Ma’ruf Lamahala Bapak H. Abdurrahman Samiun. Turut hadir tokoh Masyarakat Lamahala yakni bapak H. Adnan Sengaji.

Sementara dari unsur pemerintahan yaitu Kepala Desa Lamahala  Bapak Muhammad Abduh,SE. Seperti diketahui acara pengukuhan ini adalah Rangkaian dari Acara Wisata Dakwah BKMT kabupaten Flores Timur di kecamatan Adonara Timur.

Dalam ceramahnya Ustadz Mukhidur Rahman,S.IP mengangkat tema tentang keutamaan menjaga sholat yaitu salah satunya adalah seperti yang termaktub dalam QS.Al- Ankabuut ayat 45,

Allah Berfirman :

Innas-salata tan-ha ‘anil-fahsya i wal-mungkar 

Yang artinya “… Sesungguhnya sholat itu mencegah dari perbuatan keji dan mungkar…”

Jika kita sebagai orang tua ingin merubah karakter anak kita dari tidak baik menjadi baik maka perbaiki kualitas shalat anak kita tersebut. Jika sholatnya sudah baik Insya Allah anak kita bisa terhindar dari perbuatan keji dan mungkar.

Di sela sela acara pengukuhan ini pula ada acara santunan kepada anak yatim piatu yang mana santunan ini merupakan program wajib dari BKMT Kabupaten Flores Timur dan akan dijadikan program wajib di setiap pengurus cabang BKMT kecamatan yang ada di kabupaten Flores Timur.

Pemberian Santunan kepada Anak Yatim

Usai pengukuhan, Hasna Hasan Sebagai Ketua PC BKMT Kecamatan Adonara Timur kepada penulis mengatakan harapannya semoga organisasi ini menjadi salah satu media penanaman akhlag masayarakat.

“BKMT sebagai Organisasi Independen harus mampu membina masyarakat lewotanah khususnya generasi muda dalam hal penanaman akhlaq mulia, peningkatan ketakwaan dan pengetahuan agar mampu membentengi dirinya menghadapi arus modernisasi yang tidak sesuai dengan budaya Lamaholot serta norma-norma agama”, ujarnya.(Penulis adalah Guru Kimia pada MA Negeri 1 Flores Timur).

Sebarkan Artikel Ini:

3
Leave a Reply

avatar
2 Discussion threads
1 Thread replies
0 Pengikut
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
2 Comment authors
digi-ersSiti aminah Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Siti aminah
Guest
Siti aminah

Makasih penerbit..

Siti aminah
Guest
Siti aminah

Semoga dengan pengukuhan ini menjadika kita lbh bersemangat dalam menjalankan amanah dari Allah SWT,kepada teman teman pengurus ,,,mari kita satukan tekad brbuat untuk lewotanah.