Peringkat 50 Universitas Swasta Terbaik di Indonesia Versi UniRank Tahun 2024

Nasional
Sebarkan Artikel Ini:

Eposdigi.Com – Peringkat Universitas yang akan kami sajikan kali ini berasal dari lembaga pemeringkatan UniRank yang berbasis di Australia. UniRank merupakan salah satu lembaga pemeringkatan internasional yang mengukur popularitas universitas di dunia berdasarkan website yang dimiliki universitas.

Dalam proses pemeringkatan UniRank menggunakan metodologi yang hampir sama dengan yang digunakan oleh lembaga pemeringkatan sejenis seperti Webometrik. Awalnya UniRank melakukan pemeringkatan setahun sekali, namun kini proses pemeringkatan dilakukan dua kali dalam setahun.

Penilaian UniRank dilakukan berdasarkan referensi lalu lintas data universitas tersebut di dunia maya baik pada website universitas maupun media sosial sebagai salah satu komponen yang mengacu pada Google page rank, Alexa page rank, Majestic SEO; majestic domain dan Majestic trust Flow. 

Ini adalah  sistem algoritma lima website yang dianggap valid, netral dan independen. Website tersebut adalah Moz Domain Authority, Alexa Global Rank, Majestic Referring Domains dan Majestic Trust Flow. 

Prosesnya dimulai dengan pengumpulan data metrik web untuk meminimalisir fluktuasi temporer, dilanjutkan dengan peninjauan data similarweb terhadap perguruan tinggi terkait. Setelah autler terdeteksi dan data domain sudah sesuai, data metrik dinormalkan ke skala 0 -100 dengan mempertimbangkan beberapa ketentuan. 

Baca juga : 

Universitas Muhammadiyah Jakarta, Menyusul Menjadi Universitas ke-10 di Lingkungan Muhammadiyah, dengan Akreditasi Unggul

Selanjutnya nilai yang dinormalkan akan dikumpulkan berdasarkan algoritma rata-rata dan menghasilkan skor akhir. 

Pemeringkatan ini bertujuan membantu mahasiswa internasional, staf akademik, dan masyarakat pada umumnya tentang seberapa populer universitas di sebuah negara dibandingkan dengan universitas lain di negara tersebut, dalam rangka membuat pilihan.

Universitas yang masuk dalam peringkat pun harus memenuhi beberapa  kriteria seperti; universitas tersebut telah terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi. Selain itu, universitas tersebut harus menyelenggarakan program Sarjana, Program Master dan program Doktor. 

Kriteria lainnya adalah, universitas tersebut menyelenggarakan proses belajar tatap muka non jarak jauh atau bukan pendidikan jarak jauh. Maka universitas terbuka tidak masuk peringkat UniRank. 

Peringkat Universitas Swasta

UniRank dalam rilis terbaru meranking 594 universitas di Indonesia yang memenuhi persyaratan. Dalam daftar tersebut mencakup tidak hanya universitas swasta melainkan juga universitas negeri. 

Peringkat berikut yang akan Eduers baca, dikelompokkan ulang oleh www.depoedu.com, setelah mengeluarkan universitas negeri. Setelah itu, diranking ulang, sebagaimana terlihat pada daftar berikut. 

Baca juga : 

Isu Kesehatan Mental Mahasiswa, Belum Menjadi Isu Penting Dalam Pengelolaan Universitas di Indonesia

Pemeringkatan ulang tersebut dilakukan dengan alasan, universitas negeri tidak dapat dibandingkan dengan universitas swasta yang menghadapi tantangan yang sangat berbeda, meskipun dalam ranking yang dirilis oleh UniRank banyak universitas swasta menempati ranking lebih baik dari universitas negeri. 

Dari peringkat universitas swasta ini, juga terlihat perkembangan yang dinamis dan menggembirakan lantaran muncul universitas swasta baru yang menggeser posisi universitas swasta yang lama seperti universitas Bina Nusantara yang langganan menempati peringkat pertama di jajaran universitas swasta. 

Kini didaftar baru yang akan Eduers baca, muncul di peringkat pertama Universitas Teknokrat Indonesia yang menggeser posisi Universitas Bina Nusantara. Universitas Telkom yang biasanya berada di peringkat kedua, kini turun ke peringkat ketiga dan posisinya ditempati oleh Universitas Budi Luhur. 

Selain itu, dinamika persaingan lain yang menggembirakan adalah munculnya beberapa universitas swasta baru di jajaran 10 besar universitas swasta yakni universitas Medan Area dan Universitas Pamulang. 

Berikut daftar peringkat 50 besar universitas swasta  menurut UniRank tahun 2024 tersebut:.    

  1. Universitas Teknokrat Indonesia
  2. Universitas Bina Nusantara
  3. Universitas Budi Luhur
  4. Universitas Telkom
  1. Universitas Medan Area
  2. Universitas Muhammadiyah Sumatera
  3. Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  4. Universitas Pamulang
  5. Universitas Islam Indonesia
  6. Universitas Gunadarma
  7. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  8. Universitas Alma Ata
  9. Universitas Kristen Petra
  10. Universitas Esa Unggul
  11. Universitas Muhammadiyah Malang
  12. Universitas Sains dan Teknologi Komputer
  13. Universitas Ahmad Dahlan
  14. Universitas Muhammadiyah Surakarta
  15. Universitas Mercubuana
  16. Universitas Pertamina
  17. Universitas Katolik Soegijapranata
  18. Universitas Dian Nuswantoro
  19. Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  20. Universitas Katolik Parahyangan
  21. Universitas Kristen Satya Wacana
  22. Universitas Islam Bandung
  23. Universitas Muhammadiyah Jakarta
  24. Universitas Multimedia Nusantara
  25. Universitas Muhammadiyah Purworejo
  26. Universitas Komputer Indonesia Bandung
  27. Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
  28. Universitas Pelita Harapan
  29. Universitas Muhammadiyah Surabaya
  30. Universitas Bina Sarana Informatika
  31. Universitas Teknologi Nasional
  32. Universitas Sanata Dharma
  33. Universitas Pasundan
  34. Universitas Tarumanegara
  35. Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  36. Universitas Darul Ulum Lamongan
  37. Universitas Trisakti 
  38. Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
  39. Universitas Kristen Duta Wacana
  40. Universitas Hamzanwadi
  41. Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  42. Universitas Muhammadiyah Semarang
  43. Universitas Merdeka Malang
  44. Universitas Muhammadiyah Jember
  45. Universitas Kristen Maranatha
  46. Universitas Muhammadiyah Gresik 

Baca juga : 

Tiga Program Studi Langka Ini Hanya Ada di Universitas Indonesia

Jika ada Universitas yang Eduers ketahui, namun tidak termasuk dalam daftar ini maka bisa terjadi peringkat universitas tersebut berada di bawah 50 besar peringkat ini. Atau dapat terjadi universitas tersebut tidak masuk dalam jajaran 596 universitas yang memenuhi persyaratan pemeringkatan. 

Semoga daftar ini dapat membantu semua orang yang sedang mencari universitas alternatif untuk melanjutkan studi secara tepat. 

Tulisan ini sebelumnya tayang di depoedu.com, kami tayangkan kembali dengan izin dari penulis / Foto: teknokrat.ac.id

Sebarkan Artikel Ini:

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of