Benarkah Perubahan Sosial di Masyarakat Disebabkan Oleh Media Sosial?

Opini
Sebarkan Artikel Ini:

Eposdigi.com: Di era digitalisasi  saat ini perkembangan media sangat mempengaruhi kehidupan sosial masyarakat. Media sosial salah satunya yang menyebabkan pergeseran dalam banyak aspek kehidupan. 

Hampir semua kalangan masyarakat baik anak-anak, orang dewasa maupun orang tua terkena imbas dari pengaruh media sosial ini. Pasti dari kita sebagian besar bertanya apa sebenarnya media sosial itu? 

Media sosial adalah media online, dengan para penggunanya bisa dengan muda berpartisipasi, berbagi melalui blog, jejaring sosial, wiki.

Blog, jejaring sosial, wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia. 

Baca juga: Perubahan Proses Perkuliahan Akibat Pandemi Covid-19

Dampak positif dari media sosial adalah memudahkan kita untuk berinteraksi dengan banyak orang, memperluas pergaulan. Adanya media sosial membuat arak dan waktu bukan lagi masalah, lebih muda dalam mengekspresikan diri, penyebaran informasi dapat berlangsung secara cepat dengan biaya yang  lebih murah. 

Sedangkan dampak negatif dari media sosial adalah menjauhkan orang-orang yang sudah dekat dan sebaliknya. Interaksi secara tatap muka secara langsung cenderung menurun, membuat orang-orang menjadi kecanduan terhadap internet, menimbulkan konflik, masalah privasi, rentan terhadap pengaruh buruk dari orang lain.

Adanya media sosial telah mempengaruhi kehidupan sosial dalam masyarakat. Perubahan-perubahan dalam hubungan sosial atau sebagai perubahan terhadap keseimbangan hubungan sosial dan segala bentuk perubahan-perubahan pada lembaga-lembaga kemasyarakatan, yang mempengaruhi nilai dan sistem  sosial.

Baca juga: Pekerja Seni Dan Pandemi

Perubahan positif yang didapatkan seperti kemudahan memperoleh dan menyampaikan informasi, memperoleh keuntungan secara sosial dan ekonomi. 

Sedangkan perubahan sosial cenderung negatif seperti munculnya kelompok-kelompok sosial yang mengatasnamakan agama, suku, dan pola perilaku tertentu yang terkadang menyimpang dari norma-norma yang ada. 

Penulis adalah mahasiswi Program Studi Manajemen, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa/Foto:kelaspintas.id

Sebarkan Artikel Ini:

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of