Index Daya Saing Indonesia Tahun 2019 Turun 5 Poin

Bisnis
Sebarkan Artikel Ini:

Eposdigi.com – Forum Ekonomi Dunia (WEF) Rabu (9/10/2019) merilis index daya saing global (GCI) 4.0 tahun 2019 dari 140 negara di dunia. Pada rilis tersebut, Indonesia menempati peringkat ke 50 dari 140 negara tersebut. Peringkat Indonesia pada rilis ini mengalami penurunan 5 tingkat dari peringkat tahun lalu. Tahun lalu Indonesia berada di peringkat 45.

Capaian ini jauh dari capaian beberapa negara ASEAN. Index daya saing Singapura bahkan berada di peringkat pertama, naik satu tingkat dari peringkat tahun lalu.  Negara ASEAN lain seperti Malaysia dan Thailand, masing-masing berada di peringkat 27 dan 40. Peringkat itu dibuat berdasarkan penilaian terhadap 12 pilar daya saing global, dengan skala 1-7 pada masing masing pilar.

Keduabelas pilar tersebut adalah institusi, infrastruktur, kondisi dan situasi ekonomi makro, kesehatan dan pendidikan dasar, pendidikan tingkat atas dan pelatihan, efisiensi pasar, efisiensi tenaga kerja, pengembangan pasar finansial, kesiapan teknologi, ukuran pasar, lingkungan bisnis, dan inovasi.

Dalam penilaian berdasarkan 12 pilar ini, Indonesia mendapat nilai paling rendah pada aspek kapabilitas inovasi, karena hanya meraih skor 37,7 dari skala 1-100. Ini diantaranya terjadi  karena investasi atas riset dan pengembangan Indonesia hanya sebesar 0,4% dari PDB. Sedangkan nilai terbaik Indonesia diperoleh dari aspek stabilitas makro ekonomi, dengan nilai 90 dari skala 1-100.

Berdasarkan rilis ini, dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan terjadi penurunan daya saing global Indonesia. Penurunan ini menunjukkan masih banyak aspek di dalam negeri yang stagnan atau menurun.

Aspek yang cenderung turun adalah aspek kecepatan adopsi teknologi, kesehatan, pengembangan skills, pasar tenaga kerja, serta aspek perdagangan dan jasa.

Agenda Peningkatan Daya Saing

Ke depan, kondisi ini perlu diperbaiki dengan beberapa kebijakan. Misalnya terkait inovasi di antaranya dengan mendorong inovasi dengan menaikkan anggaran untuk inovasi terutama riset yang memiliki relasi dan dampak konkrit kepada sektor riil.

Kebijakan lain yang ditunggu publik adalah pemerintah perlu memberi insentif yang mampu mendorong peningkatan skills, mendorong percepatan adopsi teknologi informasi dan produktivitas tenaga kerja. Terkait masalah ini, keterbatasan akses internet di luar Jawa perlu jadi prioritas program pemerintah.

Terkait pasar tenaga kerja, pemerintah perlu mengeluarkan kebijakan untuk memperkecil disparitas upah antar daerah yang kini masih sangat tinggi.

Terkait pilar kesehatan, pemerintah perlu memperhatikan penanganan masalah air bersih yang masih bermasalah. Juga pemukiman kumuh tanpa sanitasi, pemukiman padat tanpa jamban, masih dijumpai di banyak tempat, bahkan di kota seperti Jakarta. Oleh karena itu, perlu jadi prioritas program pemerintah.

Sektor pendidikan pun perlu jadi prioritas. Iklim belajar di sekolah-sekolah perlu diperbaiki. Saat ini proses belajar yang terjadi masih berada pada domain pengetahuan tingkat rendah.

Murid dan guru baru sampai pada bagaimana mengingat dan mengerti informasi. Proses belajar belum menyentuh domain pengetahuan yang lebih tinggi seperti bagaimana melakukan analisis, evaluasi, menerapkan apa yang dipelajari dan mencipta.

Ini adalah salah satu upaya penting untuk meletakkan dasar yang kuat bagi pengembangan kualitas sumber daya manusia. Ini merupakan investasi jangka panjang yang penting untuk meningkatkan kualitas modal manusia.

Modal manusia adalah aspek yang sangat penting dan sentral dalam upaya peningkatan index daya saing global Indonesia. Bersama penanganan aspek yang lain, kita boleh berharap indeks daya saing global Indonesia membaik. (Foto : iol.co.za)

Sebarkan Artikel Ini:

2
Leave a Reply

avatar
2 Discussion threads
0 Thread replies
0 Pengikut
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
0 Comment authors
Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
trackback

[…] Index Daya Saing Indonesia Tahun 2019 Turun 5 Poin […]

trackback

[…] Baca Juga: Index Daya Saing Indonesia Tahun 2019 Turun 5 Poin […]