Program Ketua Ikatan Keluarga Adonara (IKA) Sorong Periode 2021 – 2026

Daerah
Sebarkan Artikel Ini:

Eposdigi.com – Ketua umum Ikatan Keluarga Adonara (IKA) Kota dan Kab. Sorong, Kornelis Kopong Ola mengatakan, ia akan melanjutkan program-program yang dilaksanakan periode kepemimpinan tiga tahun sebelumnya. Adapun periode sebelumnya, organisasi ini melakukan pendataan anggota IKA yang bukan penerima upah.

Anggota itu meliputi pekerja buruh kasar, sopir, pekerja rumah tangga.Penandatangan kerjasama (MoU) telah dilakukan   sehingga tenaga kerja non penerima upah, melaksanakn kewajiban bulanan kemudian bisa mendapatkan santunan sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan.

‘’Sebelumnya program ini telah dilaksanakan dan santunan diperoleh setelah keluarga ketika mengalami kecelakaan kerja dan kematian,’’ jelas Kornelis Kopong, ketua terpilih, putera kelahiran Honihama yang bekerja di Sorong, saat dihubungi Eposdigi dari Jakarta,  Jumat ( 2 April 2021).

Baca Juga: Antara Adonara, Malaysia dan Para Perantau Hebat (Pertama)

Dijelaskan, program ini telah dilaksanakan bahkan telah direalisasikan periode lalu di mana dilakukan kerja sama dan telah ditandatangani IKA Sorong – BPJS tenaga kerja.

Diakui selama ini, memang dilaksanakan, ketika ada kedukaan setiap anggota tiap rayon IKA mengumpulkan dana, selanjutnya diserahkan kepada keluarga yang mengalami kedukaan bisa memberikan keringanan terhadap keluarga yang berduka dengan ikut berpartisipasi memberikan sumbangan . –

Kornelis Kopong terpilih lewat Musyawarah Besar (MUBES) IKA Papua yang berlangsung di ruang Rumah Singgah Satu Harapan, Kota Sorong, Minggu (28 Maret 2021) lalu. Ia terpilih menyisihkan dua kandidat lainnya yang mendaftar sebagai ketua umum. Terpilihnya Kornelis ini berarti ia menjabat Ketua IKA Papua periode (2021- 2026).

Hasil Mubes tersebut maka Kornelis memiliki wewenang untuk menyusun struktur kepengurusan lainnya bersama wakil ketua. Ada pun susunan pengurus inti yang telah diputuskan  Kornelis Kopong Ola (Ketua Umum), Yakobus Suban Lile L Tokan ( wakil ketua I)  dan Kristian Kopong Lewo L ( wakil ketua II).

Baca Juga:

Formatur pengurus akan disusun tim Kornelis Kopong Ola bersama  dan menurut rencana kepengurusan IKA ini akan dilantik Ketua Flobamora NTT di Papua, Syafrudin Sabon Nama, selaku anggota DPR Kota Sorong dari Partai Amanat Nasional (PAN) bulan Mei, mendatang. –

IKA adalah suatu wadah yang menghimpun para perantau asal Adonara, Flores Timur (NTT). Wadah ini terbentuk sejak lama, sejak para perantau Adonara ada di Sorong. Tujuannya untuk  saling berkomunikasi dan membangun persaudaraan antar sesama perantau Adonara. Wadah ini, kata Kornelis, kadang aktif juga kadang kurang aktif sehingga membutuhkan kesadaran seluruh anggota, pengurus yang ada di wilayah itu.

Sesuai data yang dihimpun, jumlah anggota IKA diperkirakan 300 kepala keluarga atau sekitar 700-an orang perantau Adonara. Hanya saja mungkin karena kesibukan pekerjaan banyak juga yang belum aktif dalam  wadah ini.

Berkaitan dengan program peduli keluarga, terutama yang mengalami kedukaan, pihaknya akan selalu melakukan koordinasi  setiap rayon untuk terus memperkuat pengurus dan anggota  sehingga program yang dicanangkan bisa terlaksana.

Dengan terpilihnya Kornelis Kopong ini berarti dua periode ia menjabat sebagai ketua. Hanya pada periode pertama selama tiga tahun sementara untuk periode ini ia akan diberi kepercayaan hingga tahun 2026. Proficiat. *

Ket. foto: Kornelis Kopong Ola, ( ketua IKA )

Sebarkan Artikel Ini:

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of