Atasi Krisis Air Bersih Di Kabupaten Kayong Utara, Bupati Jalin Kerjasama Dengan RRT

Daerah
Sebarkan Artikel Ini:

Eposdigi.com – Bupati Kayong Utara Provinsi Kalimantan Barat Citra Duani jalin kerjasama dengan Negara Republik Rakyat Tiongkok (RRT) untuk mengatasi krisis air bersih yang selama ini menjadi permasalahan serius di kabupaten itu.

Saat ini pemerintah Kayong Utara sudah melakukan kerjasama dengan Pemerintah China, terkait pengolahan air laut (asin) menjadi air tawar yang bisa di konsumsi masyarakat. Untuk itu, Bupati Citra Duani meminta masyarakat bersabar dan berikhtiar agar kebutuhan akan air bersih segera tertangani.

“Kita sudah menjalin kerjasama kemitraan. Nanti air di Sungai Melano – Simpang Hilir, kita olah menjadi air minum, ini teknologi dari China yang berhasil mengolah air asin menjadi air minum di Jeddah, Mekah dan Madinah,” ungkap Citra Duani, pada Jumat (4/3/2022).

Air Bersih dan Janji Walikota

Kerjasama ini kita sudah mulai di tahun ini. Untuk masyarakat yang masih kesulitan air kita harap besabar dan berikhtiar. Semoga ini menjadi solusi,”lanjut Citra Duani.

Pengolahan air dengan mengubah air asin menjadi tawar ini diakui Citra Duani memiliki telnologi yang tinggi, namun dengan pembiayaan yang relatif terjangkau.

Untuk mewujudkan pengolahaan air asin menjadi air tawar ini, Pemda Kayong Utara juga akan mengajak mitra pemerintah daerah, yaitu perushaan perusahaan di Kabupaten Kayong Utara untuk ikut berpatisipasi melalui dana CSR.

“Air sungai ini tidak kering kering. salah satunya kita menggunakan teknologi water tratmen yang mengolah, dengan biaya yang tidak  besar dan ini kita  juga minta bantu dengan dana Corporate Social Responsibility,“ terang Citra Duani lebih lanjut.

Kades Helanlangowuyo Pastikan Proyek Air Bersih Senilai 8,8 Miliar Akan Segera Dinikmati Masyarakat

Diketahui bahwa selama ini masyarakat  di Kecamatan Simpang Hilir mencukupi kebutuhan air bersihnya dari sumur bor. Namun di beberapa desa melaporkan bahwa air yang keluar adalah air asin atau air payau, walaupun kedalaman sumur sudah melebihi 100 meter.

Menanggapi rencana ini, Amir selaku masyarakat di Kabupaten Kayong Utara merasa sangat senang dengan terobosan dan kerja keras Bupati Kayong Utara Citra Duani.

Ia mengungkapkan dukungannya kepada pemerintah Kabupaten Kayong Utara yang telah mencari jalan keluar terkait persoalan krisis air bersih dengan bekerja sama dengan Negara Republik Rakyat Tiongkok (RRT).

“Kami selaku masyarakat Kabupaten Kayong Utara mendukung penuh, atas kebijakan bupati kami dalam mengatasi krisis air bersi, dan kami tetap bersabar dan mendoakan semoga rencana ini bisa terwujud,” kata Amir.

Foto: Bupati Kayong Utara di hadapan para pewarta.

Sebarkan Artikel Ini:

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of