10 Universitas Swasta Terbaik Indonesia Tahun 2021, versi QS World University Ranking

Nasional
Sebarkan Artikel Ini:

Eposdigi.com – Setiap tahun, QS World University Ranking (QS WUR) merilis laporan tentang peringkat universitas dunia. Selain ranking universitas secara global, QS WUR juga merilis laporan peringkat universitas berdasarkan area dan subjek.

Oleh karena itu, selain kita dapat membaca peringkat global yang bisa dicapai oleh universitas dari Indonesia, kita juga dapat membaca peringkat berdasarkan area dan berdasarkan subjek.

Secara global hanya ada 8 universitas dari Indonesia yang masuk peringkat global tersebut. Di antaranya terdiri dari 7 universitas negeri, yakni UGM, UI, ITB, UNAIR, IPB, ITS, UNPAD, dan 1 universitas swasta yakni Universitas Bina Nusantara (Binus).

Ayo Baca Juga: Sembilan Universitas dari Indonesia Masuk Ranking Dunia, Versi Times Higher Education

Jumlah ini menurun jika dibandingkan dengan jumlah tahun 2020. Tahun 2020, ada 9 universitas dari Indonesia yang berhasil masuk jajaran universitas global, yakni 8 universitas yang masuk jajaran global tahun ini, dan UNDIP Semarang.

Sedangkan rilis peringkat universitas berdasarkan area, dikelompokkan berdasarkan 6 area yakni Asia, Eropa, Afrika dan dunia Arab, Amerika dan Amerika Selatan, serta Australia.

Data yang kita gunakan dalam laporan ini diolah dari rilis peringkat QS WUR Asia. Berdasarkan rilis area Asia, dari Indonesia ada 30 universitas dapat masuk dalam jajaran 650 universitas terbaik di Asia.

Laporan ini disusun berdasarkan peringkat QS WUR Asia tersebut. Kami mengeluarkan universitas negeri dari daftar tersebut, sehingga menyisakan universitas swasta, dan membantu kita untuk mengelompokkan peringkat universitas swasta di Indonesia.

Langkah ini dilakukan untuk mengapresiasi pencapaian universitas swasta, terutama karena dari sistem pengelolaannya, perjuangan universitas swasta di Indonesia tidak dapat dibandingkan, dengan universitas negeri.

Ayo Baca Juga: Universitas Islam Internasional Indonesia Jadi Kiblat Riset Islam Moderat

Mengapa demikian? Karena pada universitas negeri, segala fasilitas telah tersedia, serta menerima mahasiswa terbaik. Sedangkan pada universitas swasta, mereka berjuang mengadakan semua fasilitas tanpa bantuan negara, dan berjuang dalam merekrut mahasiswa.

Dengan perjuangan universitas swasta seperti itu, pada daftar peringkat yang dikeluarkan oleh QS WUR tersebut, universitas swasta bahkan menempati peringkat lebih baik daripada universitas negeri.

Misalnya Binus University, pada peringkat yang dikeluarkan oleh QS WUR tersebut, berada di atas UNPAD Bandung. Atau Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya Jakarta, menempati peringkat lebih baik daripada Universitas Negeri Udayana Bali.

Berikut ini daftar peringkat universitas swasta di Indonesia, yang dikelompokkan berdasarkan peringkat QS WUR tersebut:

  1. Bina Nusantara (Binus) University
  2. Telkom University
  3. Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, Jakarta
  4. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  5. Universitas Islam Indonesia
  6. Universitas Katolik Parahyangan Bandung
  7. Universitas Pelita Harapan
  8. Universitas Ahmad Dahlan
  9. Universitas Muhammadiyah Surakarta
  10. Universitas Tarumanagara Jakarta

Dilihat rilis yang dikeluarkan oleh QS Wur tersebut, 10 universitas ini bahkan menempati peringkat lebih baik daripada sejumlah universitas negeri di Indonesia.

Ayo Baca Juga :Daftar 36 Universitas Swasta Terbaik versi Webometrics, Kampus Anda Peringkat Berapa?

Oleh karena itu, para murid kelas XII, calon mahasiswa baru, agar jangan ragu-ragu memilih universitas swasta untuk melanjutkan studi. Karena mutu mereka bahkan jauh lebih baik daripada mutu banyak universitas negeri di Indonesia.

Mudah-mudahan rilis seperti ini memicu universitas di Indonesia, baik negeri maupun swasta untuk bersaing secara lebih terbuka dalam memacu perkembangan universitas dan dalam merekrut mahasiswa baru.

Mudah-mudahan pada rilis tahun depan, lebih banyak universitas dari Indonesia masuk dalam jajaran universitas global dengan peringkat yang lebih baik lagi.

Tulisan ini sebelumnya tayang di depoedu.com, kami tayangkan kembali dengan izin dari penulis / Foto : binus.ac.id

Sebarkan Artikel Ini:

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of